September 8, 2024

Hari Pers Nasional, Enam Bupati Terima Anugerah Kebudayaan 2020

0

Banjarmasin, Topvoxpopuli.com – Perayaan Puncak Hari Pers Nasional 2020 tahun ini terasa meriah dengan dihadiri ribuan insan pers yang berkumpul di depan halaman Kompleks Kantor Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalse), Sabtu (8/2/2020).

Presiden Joko Widodo didampingi para menteri Kabinet Indonesia Maju, para pimpinan lembaga tinggi negara, para duta besar negara sahabat, Gubernur Kalsel, Ketua Dewan Pers dan para bupati, para wali kota seluruh Indonesia tampak akrab berbaur dalam perhelatan pestanya bagi para insan pers, tokoh pers dan keluarga besar wartawan ini yang kali ini mengusung tema: “Pers Menggelorakan Kalsel sebagai Gerbang Ibu Kota Negara”.

Presiden Jokowi dalam sambutannya, sebagaimana dalam siaran keterangan tertulisnya yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (8/2/2020) sore, mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di manapun berada.

“Insan pers adalah teman saya sehari-hari, wartawan selalu ikut dalam setiap aktivitas dan kegiatan. Makanya bagi saya insan pers  selalu di hati dan selalu rindu. Saya kapok tidak pernah datang sekali di hari pers, makanya sebelum berangkat ke Australia saya menyempatkan hadir karena rasa cinta saya kepada para insan pers,” kata Presiden Jokowi yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari seluruh peserta yang hadir.

Di antara rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2020, ada yang menggembirakan di mana ada enam bupati dan empat wali kota menerima Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat kerja sama Asosiasi Pemerintah Kabupatan Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Asosiasi Pemerintah Kora Seluruh Indonesia (Apeksi).

Keenam bupati itu yakni Bupati Tabalong, Kalsel, Anang Syakhfiani; Bupati Gunung Kidul, DIY Badingah;  Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut), Danny Missy; Bupati Luwu Utara, Sulsel, Indah Putri Adriani; Bupati Serdang Bedagai,  Sumatera Utara (Sumut) Soekirman;  dan Bupati Tulang Bawang Barat, Lampung, Umar Ahmad.

Sebagai salah satu penerima Anugerah Kebudayaan, Bupati Serdang Bedagai, Soekirman mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan.

“Ini sangat berarti bagi masyarakat Serdang Bedagai yang tengah merajut kebersamaan antar suku, ras dan agama sebagi salah satu upaya pemersatu bangsa. Semoga semangat ini menular ke daerah-daerah lain bahwa dengan kebudayaanlah, segala perbedaan dan keragaman bangsa ini akan tetap menyatu erat dalam bingkai NKRI,” ujar Soekirman.

Ketua Umum Apkasi, Abdullah Azwar Anas yang juga Bupati Banyuwangi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PWI Pusat yag difasilitasi Apkasi dan Apeksi bisa menghadirkan Anugerah Kebudayaan sebagai langkah nyata mendorong upaya-upaya kepala daerah dalam menjaga, merawat dan melestarikan budaya yang merupakan warisan luhur dari seluruh pelosok negeri.

“Indonesia ini kaya akan ragam budaya yang kalau dimanage dengan baik tidak hanya untuk perekat keutuhan bangsa, namun juga bernilai ekonomi tinggi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” kata Azwar Anas yang juga pernah meraih Anugerah Kebudayaan PWI Pusat tiga tahun silam. [TVP/RH]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *