October 6, 2024

Kemnaker Transformasi BLK Komunitas Jadi Lembaga Inkubator Wirausaha

0

Solo, TVP – Untuk mewujudkan tenaga kerja  yang kompeten, berdaya saing nasional maupun internasional, Kementerian Ketenagakerjaan meningkatkan kapasitas Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) menjadi balai inkubator wirausaha.

Menurut Stafsus Menaker Titik Mas’sudah, transformasi BLKK menjadi inkubator membutuhkan komitmen dan investasi yang berkelanjutan dari pemerintah, serta kolaborasi dengan berbagai pihak terkait. Termasuk sektor swasta dan lembaga pendidikan.

Baca Juga: Kemnaker Perkuat Kompetensi Pengantar Kerja Lewat Workshop dan Rakor IKAPERJASI

“Dukungan yang tepat, BLKK Inkubator dapat menjadi katalis bagi lahirnya generasi wirausaha baru yang inovatif dan berdaya saing, membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih sejahtera, ” kata Titik saat membuka Forum Group Discussion ‘Strategi Peningkatan Kapasitas BLKK Menjadi Inkubator Wirausaha yang Mendiri dan Berdaya Saing Tahun 2024’ di Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/9/2024) malam.

Pemerintah berharap BLKK yang telah memiliki lembaga inkubator resmi, dapat berperan secara intensif dalam pembangunan ketenagakerjaan, khususnya program perluasan kesempatan kerja.

“Saya harap Bapak/Ibu tidak bingung dengan bertambahnya tugas BLKK sebagai lembaga inkubator. Lembaga inkubator yang telah didirikan secara formal di bawah BLKK atau di bawah yayasan induk, merupakan upaya memandirikan BLK Komunitas itu sendiri, ” ujar Titik Mas’sudah.

Baca Juga: Kemnaker Kembali Raih Opini WTP atas Laporan Keuangan 2023

Titik mengungkapkan sejak tahun 2017 hingga 2023, Kemnaker telah membangun 4.282 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. BLKK secara tradisional berfokus pada pemberian pelatihan keterampilan kerja. Namun transformasi menjadi inkubator membawa BLKK ke level yang lebih tinggi.

“Inkubator tak hanya memberikan
pelatihan, tetapi juga pendampingan komprehensif, akses permodalan, jaringan, dan ruang usaha. Pendekatan holistik ini menciptakan ekosistem yang kondusif bagi lahirnya wirausaha baru, ” kata Titik.

Sementara Kepala Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja Bandung BaratTuti Haryanti mengatakan untuk menumbuhkan wirausaha baru, BLKK Inkubator dapat membantu wirausaha mendapatkan modal awal, melalui pinjaman, hibah atau investasi. Salah satunya melalui kegiatan Business Matching. [eh]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *