October 5, 2024

Khamenei: Serangkan Terhadap Israel adalah Logis dan Sah

0

Khamenei memberikan pidato publik yang jarang terjadi pada Jumat, 4 Oktober 2024

Teheran, TVP – Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menegaskan, serangan rudal Iran terhadap Israel adalah benar, logis, dan sah, mengatakan kepada banyak orang yang berkumpul untuk mendengarkan pidatonya di Teheran pada hari Jumat (4/10/2024).

Pemimpin tertinggi negara itu menggambarkan serangan itu sebagai “hukuman minimum” atas apa yang disebutnya sebagai “kejahatan luar biasa” Israel saat memimpin salat Jumat di ibu kota, sesuatu yang belum pernah dia lakukan sejak tahun 2020.

Baca Juga: Pembebasan Sandera Ringankan Langkah Hamas

Pidato Khamenei disampaikan tiga hari setelah Iran menembakkan hampir 200 rudal ke Israel, yang disebut sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah.

Pemimpin tertinggi yang bisa berbahasa Farsi itu menyampaikan sebagian pidatonya dalam bahasa Arab untuk ditujukan kepada para pendukung Palestina dan Lebanon.

Dalam khotbahnya, Khamenei memuji Nasrallah dan menyuarakan dukungannya terhadap Hamas dan Hizbullah, yang menurutnya memberikan layanan penting bagi seluruh kawasan dan seluruh dunia Islam. Dia mengatakan kelompok bersenjata yang bersekutu dengan Iran tidak akan mundur dalam konflik mereka dengan Israel, yang memasuki fase baru setelah Hamas melancarkan serangan mematikan ke Israel hampir satu tahun lalu.

Iran adalah pendukung utama Hizbullah dan Hamas, serta kelompok bersenjata lainnya di Timur Tengah yang menyerang Israel. Mereka sering menjuluki diri mereka sebagai “Poros Perlawanan”. Dalam beberapa pekan terakhir, beberapa pemimpin senior kelompok yang didukung Iran dan sayap militer kuat Iran, Garda Revolusi, tewas dalam serangan Israel atau dugaan pembunuhan Israel.

Baca Juga: Hamas Bebaskan Dua Sandera Warga Negara AS   

Penampilan pemimpin tertinggi di hadapan puluhan ribu orang di Teheran adalah tanda gawatnya rezim Iran, yang menghadapi ketidakpuasan dalam negeri yang meluas. Hal ini dapat dibaca sebagai upaya untuk menunjukkan kekuatan dan memulihkan kredibilitas Iran sebagai pemimpin “Poros Perlawanan”.

Kemunculan publik tersebut juga dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Khamenei tidak bersembunyi, setelah muncul laporan bahwa ia telah dibawa ke lokasi yang aman setelah pembunuhan Nasrallah.

Masjid Agung Mosalla dibanjiri jamaah setelah warga Iran diberi transportasi gratis untuk menghadiri khutbah. Sebuah bendera Palestina berukuran besar terlihat di tengah kerumunan. Khamenei memegang kekuasaan tertinggi di Iran, namun sangat jarang memimpin salat Jumat.

Terakhir kali dia melakukannya adalah pada tahun 2020, setelah AS membunuh komandan militer paling senior Iran, Qassem Soleimani. Sebelumnya adalah pada tahun 2012. Iran masih belum pulih dari kehilangan sekutunya Nasrallah dan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh, yang dibunuh di Teheran pada bulan Juli.

Baca Juga: Terowongan Gaza Jadi Aspek Vital dalam Konflik Palestina-Israel

Israel secara luas dianggap berada di balik pembunuhan Haniyeh, meski tidak pernah mengomentari kematiannya. Khamenei juga mengatakan kepada hadirin bahwa Iran akan membalas jika, seperti yang diperkirakan, Israel melancarkan respons terhadap serangan rudal pada hari Selasa.

“Jika kami perlu melakukan hal itu lagi, kami akan melakukannya lagi di masa depan,” kata Khamenei kepada para pendukungnya. Pada hari Kamis, Presiden AS Joe Biden menyatakan kemungkinan serangan Israel terhadap infrastruktur minyak Iran telah dibahas, karena Israel terus mempertimbangkan cara untuk membalas Teheran. [bbc.com/tvp]

 

 

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *