June 13, 2024

Kementerian PUPR Tuntas Rehabilitasi DI Waduk Kedungombo

0

[JAKARTA] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) telah menyelesaikan rehabilitasi empat Daerah Irigasi (DI) yang berada di dalam sistem Waduk Kedungombo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Waduk Kedung Ombo.

Keempat DI tersebut adalah DI Sidorejo, DI Sedadi, DI Klambu (DI Klambu Kiri dan DI Klambu Kanan dan Wilalung) masing-masing memberikan manfaat dalam mengairi area persawahan terhadap peningkatan hasil pertanian yang berada di kawasan tersebut sebagai salahsatu lumbung pangan nasional di Jawa Tengah.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam keterangan persnya, Senin (12/11), mengatakan, Waduk Kedungombo mempunyai kapasitas tampung sebesar 703 juta m3 dengan luas cakupan irigasi sebesar 61.444 ha dan melayani empat wilayah, yaitu Grobogan, Kudus, Demak, dan Pati. Dengan telah selesainya rehabilitasi jaringan irigasi ini, Waduk Kedungombo telah dapat difungsikan dengan lebih optimal sesuai rencana.

“Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat memberikan manfaat yang nyata dimana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” jelas Basuki.

Kegiatan rehabilitasi ini dilakukan sejak tahun 2015 bersumber dari APBN dengan kontrak tahun jamak. Untuk DI Sidorejo yang mempunyai cakupan layanan irigasi seluas 7.938 ha, telah dilakukan perbaikan bendung dan jaringan utama yang meliputi rehabilitasi saluran primer sepanjang 13,12 km, saluran sekunder sepanjang 43,4 km dan saluran tersier sepanjang 181,4 km dengan anggaran rehabilitasi mencapai 222,26 miliar rupiah.

Kemudian pada DI Sedadi dengan luas layanan irigasi 16.055 ha, telah dilakukan rehabilitasi saluran premier sepanjang 54,6 km, saluran sekunder sepanjang 63,6 km, dan saluran tersier sepanjang 484 km dengan anggaran rehabilitasi mencapai Rp. 315,09 miliar.

Sementara DI Klambu yang mempunyai cakupan layanan irigasi seluas 38.745 ha terbagi dalam dua sistem Daerah Irigasi (DI) yaitu DI Klambu Kiri dan DI Klambu Kanan, serta DI Wilalung telah direhabilitasi bendung dan jaringan utamanya yang meliputi rehabilitasi saluran irigasi primer sepanjang 73,79 km dan saluran sekunder sepanjang 216 km dengan anggaran mencapai 846,49 miliar rupiah.

Dengan telah selesainya rehabilitasi saluran irigasi ini, Indeks Pertanaman (IP) yang semula sekitar 220% meningkat menjadi lebih dari 275%. Sedangkan produktifitas lahan pertanian juga meningkat rata-rata menjadi 8-9 ton per hektar.

Penghargaan

Sementara itu, dalam ajang Jambore Publik Relation (Jampiro) yang puncaknya digelar pada Jumat (9/11) di Semarang Jawa Tengah, Kementerian PUPR memperoleh penghargaan sebagai Best Communicators dan Biro Hubungan Masyarakat dari PR Indonesia.

Kategori pertama diterima oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai Best Communicators untuk kategori Menteri karena dinilai mempunyai kinerja komunikasi yang baik dan mampu menjelaskan program dan capaian pembangunan infrastruktur dengan bahasa yang lugas kepada publik. Penghargaan PR Indonesia Best Communicator of The Year diperoleh dari pemberitaan positif dari 17 media cetak mainstream nasional sepanjang 1 Januari -30 September 2018. Selain Basuki, menteri yang menerima penghargaan serupa antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, untuk Insan PR Indonesia kategori Kepala Biro Humas, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mendapat penghargaan Silver Winner Best Communicator Award. Insan PR Indonesia merupakan kompetisi terbuka berbasis penjurian yang diselengggarkan PR Indonesia dengan kategori antara lain Manajer Public Relation/Corporate Communications, General Manager Public Relations/ Head of Corporate Communications, Kepala Biro Humas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi, serta Kepala Bagian Humas terbaik di Indonesia.

Dalam sebuah proses pembangunan, komunikasi menjadi faktor penting yang sangat menentukan keberhasilan suatu pembangunan infrastruktur. “Penghargaan ini merupakan sebuah kehormatan bagi seluruh insan PUPR atas kerja kerasnya dalam melaporkan kepada publik perihal capaian program dan kegiatan, sehingga dapat diterima dan didukung oleh masyarakat luas,” jelas Endra. [DR]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *