July 27, 2024

Puluhan Motor Ilegal dari Malaysia Berhasil Diamankan Aparat

0

Bengkayang, Topvoxpopuli.com– Aparat Kepolisan Kalimantan Barat berhasil mengamankan sedikitnya 27 unit kendaraan roda dua dan satu unit kendaraan roda empat yang diseludupkan dari Malaysia. Kendaraan Malaysia itu diamankan rumah Akiau yang merupakan warga Dusun Jagoi, Desa Jagoi ,Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Selasa (5/3/2019).

Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Pol Didi Haryono (kanan) saat melaunching kegiatan Milenial Road Safety Festival di Alun-Alun Kapuas, Pontianak, Minggu (3/3/2019).

Hal itu dikatakan Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono bersama Kapolres Bengkayang AKBP Yos Guntur Yudi kepada wartawan, Selasa (5/3/2019).

Ia mengatakan, pelaku pencurian kendaraan ilegal asal Malaysia itu merupakan warga kelahiran Jagoi Babang Bengkayang. Sementara pekerjaanya adalah sebagai petani di perbatasan RI-Malaysia di Jagoi Bababang.

Kasus ini dapat diungkap adalah berdasarkan imformasi yang diterima masyarakat. Imformasi yang disampaikan warga itu dikembangkan di lapangan.

Kronologi penangkapannya kendaraan ilegal itu adalah tim gabungan dari Polres Bengkayang dan Sambas  dan Singkawang  menangkap satu orang  pria bernama Mentiu yang diduga melakukan pencurian dan atau penyeludupan kendaraan bermotor. Selanjutnya dilakukan pengembangan dan melakukan  penggeledahan di rumah Metiau.

Pada saat dilakukan penggeledahan ditemukan satu unit mobil MYVI dan 27 unit sepeda motor yang diperkirakan dari Malaysia.  Untuk pengembangan kasus ini, selanjutnya terhadap pelaku berikut barang bukti dibawa ke Mapolres Bengkayang untuk diproses sesuai dengan ketentuan aturan hukum yang berlaku.

Ia menambahkan, pihaknya menaruh atensi atau perhatian  besar terhadap wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kalimantan Barat. Semua aktivitas yang ilegal yang menyalahi aturan akan tetap ditindak.

Pihaknya  akan  menindak tegas semua  kejahatan apa pun dan tidak  tebang pilih terhadap semua kejahatan. Program zero ilegal dan zero tolerance benar-benar dapat terwujud.

Pihaknya juga mengharapkan kerja sama masyarakat dengan aparat dapat lebih ditingkatkan. Sehingga sekecil informasi atau kejadian yang mencurigakan dapat segera disampaikan kepada aparat dan aparat dapat dengan cepat menuju lokasi.

Sehingga permasalahan kecil dapat dengan cepat diselesaikan dan masalah besar dapat dikecilkan dan dihilangkan. Artinya dengan adanya informasi itu maka masalah terjadi di masyarakat tidak sempat menjadi besar tetapi dapat diantisipasi sejak dini. [TVP/Sahat Oloan Saragih]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *