September 8, 2024

Tahun Ajaran Baru Pastikan Biaya Pendidikan SMA Gratis

0

Gubernur Kalbar, Sutarmidji. [SOS]

Pontianak, Topvoxpopuli.com – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengatakan, mulai tahun ajaran baru bulan Juli 2019  yang akan datang, semua biaya pendidikan untuk siswa SMA sekolah negeri digratiskan. Artinya tidak ada biaya apapun yang harus ditanggung oleh orang tua. Sementara untuk siswa SMA yang belajar di SMA swasta tetap diberikan bea siswa tetapi dikhususnya bagi siswa miskin atau kuarang mampu.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji. [SOS]
Hal itu dikatakan Gubernur Kalbar, Sutarmidji kepada wartawan Selasa (5/3). Ia mengatakan, mulai tahun ajaran baru tahun 2019 ini semua biaya sekolah untuk SMA digrtiskan. Sementara untuk siswa yang belajar di sekolah swasta masih ada jatah sekitar 10 ribu siswa yang akan diberikan beasiswa.

Jika ditotal secara keseluruhan maka pada tahun 2019 hingga 2020 ada sekitar 200.000 siswa yang menerima beasiswa. Dengan adanya program ini diharapkan tidak ada lagi warga Kalbar yang tidak sekolah.

Selain beasiswa pihaknya juga akan mempersiapkan dan menyediakan sarana dan prasarana untuk sekolah. Dimana setiap tahun akan disiapkan sebanyak 30.000 kursi dan meja untuk sekolah.

Hal ini dilakukan dalam rangka mengejar ketertinggalan Kalbar dengan daerah lain. Diharapkan dengan adanya program ini Kalbar dapat lebih maju dan bersaing dengan daerah lain.

Selain masalah pendidikan, pihaknya juga akan terus mengembangkan objek wisata di Kota Pontianak. Salah satunya adalah  pembangunan jalan di pinggir sungai Kapuas yaitu dimulai dari taman alun Kapuas  hingga  ke Jembatan Kapuas II.

Nantinya jika pembangunan jalan di pinggiran Sungai Kapuas ini sudah selesai, maka masyarakat dapat menikmati keindahan Sungai Kapuas dengan berjalan di pinggir sungai. Selain itu masyarakat juga dapat melaksanakan olah raga jalan kaki di pagi hari sambil menikmati keindahan sungai Kapuas.

Hal ini dapat menjadi salah satu daya tarik orang untuk datang ke Kota Pontianak. Dengan demikian maka kunjungan wisata ke Kalbar akan mengalami peningkatan dan hal itu akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian Kalbar. [TVP/Sahat Oloan Saragih]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *