July 27, 2024

Pabrik Pengolahan Biji Bauksit di Bangun di Mempawah

0

Mempawah, Topvoxpopuli.com – Menteri BUMN, Rini Soemarsono meresmikan Pencanangan Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Desa Bukit Batu Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Pabrik pengolahan biji bauksit menjadi alumina ini ditargetkan akan berproduksi pad atahun 2020.

Hal itu dikatakan Menteri BUMN, Rini Soemarsono usai meresmikan Pencanangan Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Desa Bukit Batu Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat Jumat (5/4).

Ia mengatakan, pencanangan pabrik yang ditargetkan berproduksi pada 2020 itu, memiliki kapasitas produksi hingga 1 Juta ton. Komitmen Presiden RI kita punya bauksit bagaimana caranya bermanfaat bagi masyarakat Mempawah  secara khusus dan Bangsa Indonesia secara umum.

Dengan adanya pabrik alumina ini maka negara akan menghemat devisa mencapai 220 US Dolar setiap tahunnya. Sebab substitusi kebutuhan aluminium dalam negeri mencapai 550.000 ton per tahunnya.

Pencanangan pabrik ini selain karena arahan Presiden RI, Joko Widodo, juga karena dukungan para kepala daerah yang ada di Kalbar. Selanjutnya dengan adanya pabrik ini maka harus bermanfaat terutama bagi masyarakat Mempawah. Jika di Mempawah bisa membuat alumina dan bisa memproduksi sendiri maka kedepan tidak perlu orang lain.

Dengan pembangunan pabrik alumina ini sangat banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat seperti masyarakat akan mendapat pekerjaan. Kesempatan meningkatkan pendidikan disini sehingga mempersiapkan SDM dari masyarakat agar dapat bekerja di perusahaan ini.

Ia menambahkan, perusahaan Chinalco, juga bersedia memberikan akses pasar International untuk 550.000 ton alumina pertahun. Yaitu  hasil produksi dari pabrik  alumina yang rencanakan akan berproduksi pada 2020 itu.

Smelter alumina ini merupakan salah satu  dari sejumlah proyek strategis yang digarap holding BUMN sebagai percepatan hilirisasi tambang. Saat ini cadangan bauksi Indonesia terbesar ke-8 dunia dengan peringkat kedua dunia terbesar.

Semenara itu Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan Jumat (5/4) mengatakan, pembangunan pabrik alumina di Mempawah ini sudha di rencanakan sejak dirinya Bupati  di Mempawah.  Pembangunan pabrik alumina ini dapat diwujudkan atas kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Mempawah.

Pihaknya mengharapkan pembangunan pabrik alumina ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan target. Sehingga masyarakat dapat merasakan dampak yang positip dan Mempawah menjadi lebih maju. [TVP/Sahat Oloan Saragih]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *