July 14, 2024

Pemprov Kalbar Akan Bangun Jalan Tol Pontianak – Singkawang

0

Kabut Asap di Pontianak

Pontianak, Topvoxpopuli.com – Untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah kendaraan dan mengantisipasi kemacetan dan untuk memperlancar proses pengiriman dan lalu intas barang dan orang, Pemprov Kalbar akan membagun jalan tol di Kalbar.

Untuk tahap pertama ini akan membangun jalan tol yang menghubungkan antara Pontianak – Singkawang dengan ruas jalan sepanjang 145 Km.

Hal itu dikatakan Gubernur Kalbar Sutarmidji SH kepada wartawan Kamis (22/8/2019).

Ia mengatakan, pembangunan jalan tol antara Pontianak dengan Singkawang sudah menjadi kebutuhan. Sebab sesuai dengan rencana bahwa dalam waktu dekat ini atau pada tahun depan pembangunan pelabuhan internasional di Kabupaten Mempawah sudah selesai dilaksanakan.

Selanjutya dengan beroperasinya pelabuhan internasional di Kabupaten Mempawah maka dengan sendirnya akan menambah jumlah kendaraan disepanjang ruas jalan Pontianak – Singkawang. Dengan demikian kepadatan di jalan akan semakin tinggi.

Selain itu, pembangunan jalan tol ini sangat dibutuhkan yaitu untuk memperpendek jarak tempuh antara Pontianak – Singkawang. Dimana sekarang ini waktu tempuh antara Pontianak – Singkawang mencapai 3 jam dengan jalur darat.

Jika jalan tol sudah dibangun maka jarak tempuh itu akan semakin dekat artinya Pontianak – Singkawang bisa ditempuh dalam waktu dua jam perjalanan. Sehigga dapat menghemat waktu perjalanan dan mempercepat pengiriman atau lalu lintas barang dan orang lebih cepat sampai.

Ia menambahkan, rencana pembangunan jalan tol ini sudah direencanakan dan dibicarakan dengan berbagai pihak. Selain itu baru baru ini investor dari Malaysia juga sudah mengadakan kunjungan dan melaksanakan MoU dengan Pemprov Kalbar dalam hal pembangnan jalan tol di Kalbar.

Dalam MoU ini pihak Malaysia mendorong pada investornya untuk membangun di Wilayah Kalbar. Artinya investor dari Malaysia memiliki niat untuk ikut ambil bagian pembangunan infrastruktur di Kalbar secara khusus dan di Indonesia secara umum.

Pihaknya mengharapkan pembangunan jalan tol ini dapat segera di realisasikan dan diwujudkan. Sehingga percepatan pembagunan di Kalbar khususnya di daerah utara Kalbar dapat berjalan dengan cepat.

Selain itu dengan dibangunnya jalan tol ini maka peningkatan ekonomi masyarakat akan mengalami peningkatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud sesuai dengan yang dicita citakan. [TVP/Sahat Oloan Saragih]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *