July 27, 2024

Baznas Dirikan Gerai Mikro Tanggap Covid-19

0

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Badan Amil Zakat nasional (Baznas) memfasilitasi para mustahik binaan lewat pendirian Gerai Mikro Tanggap Covid-19 di Kelurahan Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur. Gerai Mikro Tanggap Covid-19 ini merupakan wadah bagi para pedagang mikro yang saat ini terdampak perekonomiannya akibat krisis Covid-19 untuk dapat menawarkan barang dagangan mereka.

Barang yang dijual oleh para mustahik di gerai mikro saat ini merupakan barang yang dapat meminimalisir penularan Covid-19 yakni seperti masker, hand sanitizer, madu, jamu dan jus buah. Selain melayani pembelian langsung, gerai mikro ini juga melayani pembelian secara online dengan memberdayakan beberapa mitra untuk mengantar ke wilayah sekitar Matraman, dan ojek online untuk di luar Matraman.

Kepala Program Baznas Microfinance, Noor Aziz, Rabu (8/4/2020) mengatakan, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 ini salah satu upaya Baznas menjaga keberlangsungan usaha para pedagang mikro dimana saat kondisi wabah Covid-19 ini mereka mengalami kesusahan untuk menawarkan dagangannya karena adanya penerapan physical distancing. “Secara prinsip Baznas mendorong dan menginisiasi para mustahik untuk pendirian gerai mikro ini. Jadi Baznas memfasilitasi agar mustahik bisa tetap survive menjalankan usahanya di tengah himpitan krisis Covid-19 ini,” ujarnya.

Noor Aziz menambahkan, tidak hanya sebagai wadah usaha pedagang mikro, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 juga memiliki fungsi pusat informasi dan edukasi terkait Covid-19.

“Para mustahik binaan yang menjalankan gerai mikro juga dibekali pengetahuan mengenai informasi terkait Covid-19 apabila ada warga masyarakat yang membutuhkan info. Selain itu Gerai Mikro juga menyediakan tempat cuci tangan dan sabun cuci tangan yang diproduksi oleh rumah sabun milik kelompok usaha mitra Matraman untuk mengedukasi para pembeli yang datang cara mencuci tangan yang baik dan benar,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta mengatakan Baznas akan terus mendampingi para pedagang mikro dalam melewati krisis Covid-19.

Untuk membangun kekuatan UKM pada krisis Covid maupun pasca krisis Covid-19, akan terus Baznas upayakan terutama untuk membantu mereka usaha usaha mikro yang terdampak krisis dari keluarga miskin. Kami berharap bangkitnya usaha mikro ini dapat menjadi penopang bagi kebangkitan ekonomi Indonesia setelah krisis ini selesai,” tegasnya.

Tidak hanya produk mustahik binaan, Gerai Mikro Tanggap Covid-19 ke depannya akan menampung produk pedagang mikro lainnya sebagai sarana untuk saling menguatkan antar pelaku usaha mikro dalam menghadapai krisis Covid-19. [TVP/RH]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *