Koordinator “LIRA” Sulut Pantau Penyaluran Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

0

Menado, Topvoxpopuli.com – Penyaluran Bantuan Jaring Pengaman Sosial (Bansos) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, harus benar-benar tepat sasaran. Selain itu, penyaluran Bansos harus dilakukan sesegera mungkin.

“Hal seperti ini sudah disampaikan Presiden Joko Widodo untuk seluruh gubernur dan bupati di Indonesia. Para kepala daerah harus melibatkan Ketua-Ketua RT dan RW. Tujuannya agar tepat sasaran,” kata Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sulawesi Utara (Sulut), Moh.Efendi Mokodompit,SE MM di Menado, Sabtu (2/5/2020).

Untuk itu, Efendi meminta jajaran LIRA di Sulut, agar segera memasukkan laporan terkait dengan penyaluran Bansos pada masyarakat. “Jika terjadi ketidakbenaran dalam pemberian bantuan tersebut, diminta agar melaporkannya kepada penegak hukum,” kata dia.

Ketika ditanya wartawan, bagaimana kalau terjadi penyimpangan dalam penyaluran Bansos tersebut, Efendi menegaskan, kalau terjadi penyimpangan maka LIRA Sulut paling depan untuk melaporkannya ke pihak penegak hukum.

“Jangan sampai terjadi penyimpangan. Sebab, kalau itu terjadi maka akibatnya fatal, yakni berhadapan dengan hukum,” kata dia. Efendi berjanji bahwa LIRA Sulut akan terus mengawasi penyaluran Bansos di Sulut.

Ia menegaskan, sebagai Koordinator LIRA Sulut, ia akan berkoordinasi dengan instansi terkait, gubernur, Polda, pata bupat dan wali kota di Sulut termasuk aparat keamanan sampai tingkat kecamatan seperti Polsek dan Koramil. “Semua jajaran LIRA bekerja bagaikan wartawan investigatif. Jadi jangan main-main dengan Bansos. Harus tepat sasaran,” tegas Efendi. [TVP/Sutimin Tubuon]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *