February 27, 2024

Joe Biden Pilih Ron Klain sebagai Kepala Staf Gedung Putih

0

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Presiden terpilih AS Joe Biden telah memilih agen politik veteran Ron Klain untuk menjadi kepala staf Gedung Putih.
Mr Klain telah menjabat sebagai asisten utama Mr Biden sejak 1980-an di Senat dan kemudian ketika dia menjadi wakil presiden.
Klain juga merupakan pembantu senior Gedung Putih untuk Barack Obama dan kepala staf Wakil Presiden Al Gore. Ia diperankan oleh aktor Kevin Spacey dalam film Recount, tentang pemilihan presiden tahun 2000.
Kepala staf Gedung Putih bertugas mengatur jadwal harian presiden dan sering disebut sebagai penjaga gerbangnya – adalah pejabat politik yang tidak memerlukan persetujuan dari Senat.
Dalam sambutannya Rabu (11/11/2020), Biden memberikan penghormatan kepada Mr Klain. “Pengalaman dan kapasitasnya yang dalam dan beragam untuk bekerja dengan orang-orang di seluruh spektrum politik, persis seperti yang saya butuhkan sebagai kepala staf Gedung Putih saat kita menghadapi momen krisis ini dan menyatukan kembali negara kita,” kata Biden.
Dalam pernyataan yang sama, Klain mengatakan dia menghormati kepercayaan yang diberikan Presiden terpilih kepadanya. “Semoga saya bisa membantu Presiden dan Wakil Presiden terpilih,” kata dia.
Siapakah Ron Klain ?
Ia menjabat sebagai penasihat utama di Komite Kehakiman Senat dari 1989-92 ketika Biden menjadi ketuanya. Dia juga seorang penasihat dan penulis pidato pada kampanye Gedung Putih 1988 dan 2008 yang gagal Biden.
Klain menjabat sebagai kepala staf untuk Mr Biden dari 2009 sampai 2011, beberapa tahun pertama masa jabatanBiden sebagai wakil presiden di Gedung Putih Obama.
Dia kemudian menjabat sebagai “Tsar Ebola” Presiden Obama selama wabah kecil penyakit mematikan itu pada tahun 2014.
Operasi lama Partai Demokrat juga terlibat dalam kedua kampanye kepresidenan Bill Clinton dan menjadi penasihat pencalonan John Kerry di Gedung Putih yang gagal pada tahun 2004.
Dia telah menjadi pelatih debat presiden untuk Bill Clinton, Al Gore, John Kerry, Barak Obama, Hillary Clinton dan Joe Biden.
Perannya sebagai kepala staf Al Gore, yang mencabut konsesi awalnya dalam pemilihan Gedung Putih yang disengketakan pada tahun 2000, diubah menjadi drama HBO Recount.

“Bentuk jamak dari chad adalah chad ?” kata Klain, yang diperankan oleh Spacey, bertanya pada satu titik dalam film tersebut, merujuk pada potongan surat suara yang dilubangi yang menjadi penting untuk penghitungan di Florida.
Lawan Partai Republik Al Gore, George W Bush, akhirnya dinyatakan sebagai pemenang.
Klain sering men-tweet tentang episode tersebut, hanya tahun lalu memposting: “Orang-orang sering mengatakan kepada saya bahwa saya harus ‘melupakan’ pemilu 2000 dan penghitungan ulang. Saya belum melakukannya, dan saya rasa saya tidak akan pernah melakukannya”. [TVP/RH]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *