April 21, 2024

Pengurus PKB Safari Keliling Bali Memberdayakan UMKM

0

Pengurus PKB adalah FGD dengan tokoh adat dan pemuda di Gianyar, Bali, Senin 30 Agustus 2021.

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Sejumlah Pengurus Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) bersafari dari ke kabupaten di Bali guna mensoalisasikan pencegahan Covid-19.

Forum ditemui di setiap kabupaten sangat terbatas yakni kepada pimpinan dan pengurus lembaga pendidikan keagamaan seperti pesantren, lembaga pelatihan kerja, ketua LSM, tokoh Adat Bandesa Adat Gianyar Perempuan Bangsa, Pemuda Garda Bangsa, Gema Tani.

Pada Selasa (31/8/2021), Pengurus Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) mendatangi para tokoh adat dan para pemuda di Kabupaten Gianyar. Mereka mengadakan Focus Group Discussion.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Bali Bambang Sutiono dalam forum itu meminta semua pihak selalu waspada dalam penularan Covid-9.

Dalam Forum tersebut Wakil Ketua DPW PKB Reyna Usman menyampaikan, pencegahan Covid-19 terus menerus harus dilakukan oleh setiap keluarga dalam melaksanakan 3M yakni memakai masker, mencuri tangan dan menjaga jarak.

Menurut Reyna, peranan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat adat bersama-sama agar selalu mendoakan supaya penularan Covid-19 melandai bahkan hilang sehingga ekonomi Bali bisa bangkit kembali.

Bambang Setiono mengatakan, forum ini juga mendiskusikan secara singkat bagaimana upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam mendorong upaya pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Upaya yang dimaksud, kata dia, yakni melalui program kreativitas potensi SDM dan SDA pertanian dan padat karya produktif menuju desa produktif dan desa wisata di kala pandemi yang belum berakhir menjadi solusi yang bisa dilakukan melalui Integrated Community Development.

Reyna Usman, menambahkan laporan data sementara dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Gianyar bahwa tenaga kerja di kabupaten Gianyar Bali yang mengalami dampak Covid-19 yang dirumahkan telah mencapai 12.000 orang. “Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab semua pihak membantu pemerintah,” kata dia.

Reyna Usman berharap FGD ini dapat ditingkatkan dengan evaluasi secara komprehensif dan melahirkan gagasan gagasan program yang konkrit membantu masyarakat dapat segera bekerja kembali dengan program padat karya produktif dan teknologi tepat guna yang bisa dilakukan oleh kelompok-kelompok pemuda di desa membangkitkan ekonomi masyararakat.

Menurut Reyna, inilah saatnya semua masyarakat berpikir bangkit bersama sebagaimana gagasan politik kesejahteraan bagi rakyat Indonesia oleh Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

I Wayan Sudiase selaku Bandesa Adat Gianyar sangat berharap program Penciptaan Kompotensi dan Perluasan Kesempatan Kerja dari pemerintah dapat membantu masyarakat dan pemuda Gianyar untuk bangkit dan berusaha.

Program seperti tersebut, kata Reyna, akan membantu bekerja bersama dalam meningkatkan kualitas para pemuda Gianyar bangkit meningkatkan kualitas pemuda yang dapat kemandirian ekonomi dalam bingkai kerukunan dan keragaman sesuai ajaran Gus Dur yang sangat melekat pada mayoritas masyarakat Bali. [TVP/RH]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *