July 22, 2024

30 PMI dari Ukraina Dapat Asuransi dan Bantuan Pemerintah

0

Benny Rhamdani.

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Sebanyak 30 orang pekerja migran Indonesia (PMI) di Ukraina telah kembali ke Indonesia dan tiba di Jakarta, Kamis (3/3/2022).

“Mereka pulang ke Indonesia karena keadaan Ukraina sungguh membahayakan karena dibombardir oleh Rusia,” kata Kepala Badan Nasional Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani, dalam konferensi pers Jumat (4/3/2022).

Benny  30 PMI yang kembali ke Tanah Air itu merupakan bagian dari 80 orang warna negara Indonesia (WNI) yang dijemput Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan pihak BP2MI di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (3/3/2022).

Benny mengatakan, sebagian dari 30 orang PMI yang kembali ke Tanah Air dari Ukraina itu tercatat dalam system informasi BP2MI. “Yang tercatat dalam system informasi BP2MI otomatis menjadi uang asuransi dari negara melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek),” kata dia.

Sedangkan yang tidak tercatat dalam system informasi BP2MI, kata dia, bukan berarti PMI illegal. “Mereka itu bekerja di sana secara perorangan, karena itu pasti juga mendapat perhatian dari pemerintah seperti tunjangan kehilangan pekerjaan,” kata dia.

Benny mengatakan, masih ada PMI yang belum dievakuasi dan masih tertahan di Bucharest, Romania karena positif Covid-19.

Sebagaimana diberitakan, warga Negara Indonesia yang sebelumnya berada di Ukraina telah berhasil dievakuasi dari negara yang sedang diinvasi Rusia itu. Sebanyak 80 WNI dan 3 warga negara asing (WNA) yang merupakan keluarga WNI dalam rombongan tersebut tiba pada Kamis (3/3/2022).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan rombongan ini berhasil dievakuasi menggunakan pesawat charter Garuda Indonesia yang dioperasikan dengan armada A330-200.

“Pesawat tersebut diterbangkan dari Bucharest, Romania yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Ukraina menuju Jakarta, Indonesia,” kata Irfan dalam keterangannya dikutip dari Antara.

Penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Henri Coanda Bucharest, Romania hari Rabu (2/3/2022) pukul 15.10 dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (3/3/2022) pukul 17.00 WIB.

Pesawat sempat melakukan transit di Madinah. Adapun keseluruhan proses penerbangan evakuasi ini berjalan dengan baik dan lancar.

“Sebuah keniscayaan bagi Garuda Indonesia sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk turut ambil bagian dalam peran aktif negara dalam memberikan perlindungan bagi warganya, salah satunya melalui misi pemulangan WNI dari Ukraina,” kata Irfan.

Penerbangan evakuasi WNI tersebut ini telah melalui koordinasi intensif bersama pemangku kepentingan terkait dengan memperhatikan prosedur keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara, termasuk pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 bagi seluruh penumpang.

Seluruh WNI yang ikut serta dalam penerbangan ini telah mendarat dengan selamat di Tanah Air pada sore hari ini beserta dengan seluruh tim pendamping dari Kementerian Luar Negeri RI, tim pengamanan dari Mabes TNI, serta tenaga kesehatan yang terus mendampingi secara intensif selama proses penerbangan. [TVP/EH]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *