Seluruh Lansia Harus Jaga Kesehatan dengan Senam

0

Insyruktur senam Maria Hayu Aninditya (depan) sedang memimpin senam Lansia.

Ruteng, Topvoxpopuli.com – Seluruh orang usia lanjut atau lansia di Indonesia harus menjaga kesehatan melalui berbagai aktivitas, yaitu olahraga maupun skrining kesehatan. Kebiasaan baik ini dilakukan agar Lansia Indonesia dapat tetap sehat dan produktif dalam beraktivitas di masyarakat.

Demikian dikatakan Ketua Pengelola Sekolah Lansia pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencara (DP2KB), Kabupaten Manggarai, Albertus Gregorius Andung. “Bapak/Ibu harus menjaga supaya Bapak/Ibu tetap sehat. Tugas kami dalam mengelola Sekolah Lansia ini adalah memastikan Bapak/Ibu tahu bagaimana caranya untuk bisa hidup tetap sehat.  Untuk itu pada minggu ini kami menghadirkan pelatih senam dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai”  kata di Aula Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Manggarai Selasa (27/9/2022).

Dalam acara itu, tiga orang petugas/pelatih senam yaitu Yuliana Perpetua Woa, Antonia M. Mbulu dan Maria Hayu Aninditya menyampaikan, usia yang bertambah bukan berarti menjadi hambatan untuk tetap aktif berolahraga. Bahkan memang sangat dianjurkan untuk para lansia demi mendukung tubuh yang bugar, sehat, dan bersemangat,

Menurut  mereka  upaya yang bisa dilakukan diantaranya melalui aktivitas fisik seperti berjalan kaki, senam, naik sepeda, dan lain sebagainya selama 30 menit, 5 hari dalam seminggu. Selain aktivitas fisik, dianjurkan lansia melakukan aktivitas senam otak.

Penting bagi lansia untuk mengikuti senam karena akan membantu tubuh Lansia tetap bugar dan segar, karena senam Lansia mampu melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Olahraga pada Lansia dapat dilakukan dengan memperhatikan tingkat kekuatan, seperti  jalan cepat, membersihkan rumah, berkebun, dengan intensitas waktu 30 menit.

Senam Kebugaran Lansia, senam otak, senam osteoporosis,senam hipertensi, senam diabetes mellitus,  olahraga rekreasi / jalan santai, harus di senangi dan diminati, harus di sesuaikan dengan  kondisi kesehatan, sebaiknya bervariasi, bersifat aerobic, latihan beban dilakukan sesuai dengan  kondisi  kesehatan dengan tujuan agar otot menjadi kuat. memperhatikan dosis latihan, dilakukan pemanasan, peregangan, latihan inti, pendinginan dan peregangan lagi,

Sebelum latihan anjurkan utk minum cairan kira2 500 cc utk mengganti keringat yg hilang.  Makan sebaiknya setelah 2 jam selesai latihan agar tidak mengganggu pencernaan.  Selalu minum air sebelum, selama dan setelah latihan.

Peserta Sekolah Lansia yang diwakili oleh Yohanes P. Fernandez yang saat ini usianya 69 tahun mengatakan, mereka berterima kasih banyak penyelenggara Sekolah Lansia ini, telah menghadir pemateri dan pelatih senam Lansia. “Terus terang saja, saya seorang pengagum kecantikan, hadirnya ketiga wanita cantik sebagai instruktur hari ini membuat saya bahagia,” kata dia.

Maria Hayu Aninditya mengatakan, olahraga  Lansia ini adalah memastikan para Lansia tahu bagaimana caranya untuk bisa hidup tetap sehat. “Untuk itu pada minggu ini kami menghadirkan pelatih senam dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai” kata di Aula Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kabupaten Manggarai Selasa. [TVP/WG]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *