April 21, 2024

Bupati Manggarai Turun Langsung Pimpin Perbaiki Jalan Rusak Munta-Tureng

0

Masyarakat Reok Barat gotong royong perbaiki Jalan Rusak Munta - Tureng, Senin (21/11/2022).

Reok Barat, Topvoxpopuli.com – Bupati Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Herybertus G Nabit turun langsung pimpin memperbaiki jalan rusak titik Dusun Munta, Desa Kajong – Tureng, Desa Nggalak, Reok Barat, Manggarai, di Munta Senin (21/11/2022).

“Bapak Bupati turun langsung tadi ke lapangan. Beliau geleng-geleng kepala melihat jalan yang rusak. Semoga bisa tuntas perbaikannya,” kata Sekretaris Desa Kajong, Reok Barat, Manggarai, Ludovikus Lo, kepada TVP, Senin (21/11/2022).

Menurut Ludovikus, pengerjaan jalan tersebut dilakukan secara gotong semua kontraktor di Reok Barat dan melibatkan masyarakat dari tiga Desa yakni Desa Kajong, Nggalak, dan Lante. “Warga Desa membantu meratakan tanah dan batu di jalan yang berbentuk kawah itu,” kata dia.

Para kontraktor local, kata dia, mengerahkan alat berat untuk menggali batu dan tanah di Desa Lante serta sejumlah dumtruk untuk mengangkut batu dan tanah.  Jalan yang rusak di titik Kampung Munta-Kampung Terung sepanjang sekitar satu KM.

Titik tersebut merupakan bagian dari jalur Jalan Provinsi dari Reo, Ibu Kota Kecamatan Reok, Manggarai, sampai Labuan Bajo Manggarai Barat.

Ditanami Pohon Pisang

Heribertus G Nabit baru tergerak hatinya mengajak masyarakat memperbaiki jalan tersebut setelah masyarakat sebagian Reok Barat menanam pohon pisang di sepanjang jalan yang rusak itu, Rabu (16/11/2022).

Aksi penanaman pohon pisang tersebut merupakan bentuk protes masyarakat lantaran jalan tersebut belum juga diperbaiki padahal sudah rusak parah selama beberapa tahun belakangan ini.

Jalan provinsi tersebut menghubungkan kota Reo dan Labuan Bajo, Manggarai Barat di bagian Utara Flores dan menjadi jalan utama masyarakat yang hendak menuju Reo atau Labuan Bajo untuk menjual hasil pertanian mereka.

Rusaknya jalan tersebut selama beberapa tahun membuat tersendat bahkan macetnya roda ekonomi masyarakat di Kabupaten Manggarai bagian utara lantaran tidak bisa ke Reo untuk menjual hasil pertanian. Tingginya curah hujan saat ini menambah parah kerusakan jalan propinsi tersebut.

Jalan Rusak Munta-Tureng ditanami pohon pisang oleh masyarakat.

Anggota DPRD Provinsi sudah memantau kerusakan jalan tersebut di awal tahun ini, tapi hingga sekarang belum ada kabar pasti kapan akan diperbaiki atau di hotmix.

Lantaran jalan tersebut berada dibawah kewenangan Gubernur NTT, maka pihak Pemerintah Kabupaten Manggarai tidak berani mengutak-atik jalan tersebut karena statusnya bukan jalan kabupaten.

Kontras dengan ruas jalan provinsi di Kabupaten Manggarai yang rusak parah tersebut, ruas jalan provinsi di Kabupaten Manggarai Barat hampir seluruhnya sudah di hotmix.

Jalan Provinsi yang terbentang dari Labuan Bajo melintasi Terang, Pacar, dan Rego tersebut hampir seluruhnya sudah dihotmix hingga Dusun Pateng, sekitar 05 (lima) KM dari Dusun Munta. [TVP/WG]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *