April 21, 2024

Menaker: Banyak Alumni Pemagangan Jepang Sukses Jadi Pengusaha

0

Peserta magang di Jepang

Narita, Topvoxpopuli.com – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah meminta para peserta pemagangan asal Indonesia agar mempergunakan kesempatan selama magang di Jepang dengan sebaik-baiknya.

“Niatkanlah dari sekarang bahwa selama mengikuti program pemagangan ini semata-mata bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, etos kerja, dan pengalaman untuk bekal dalam mewujudkan cita-cita adik-adik,” kata Menaker.

Menaker menyampaikan hal tersebut saat menemui para peserta pemagangan di Narita, Jepang, Kamis (4/5/2023) di sela-sela kunjungan kerjanya di Jepang.

Menaker mengatakan, dengan mengikuti pemagangan di Jepang, nantinya para peserta mendapatkan keterampilan yang dapat digunakan, baik untuk bekerja di perusahaan maupun untuk berwirausaha.

“Dalam praktik yang sudah kita ketahui bersama, tidak sedikit dari teman-teman yang pernah melakukan pemagangan itu pulangnya jadi juragan, menjadi pengusaha,” ucapnya.

Ia mengemukakan, berdasarkan data Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (IKAPEKSI) terdapat 5.000 alumni program pemagangan yang sukses menjadi pengusaha. Jumlah pengusaha sebanyak itu tentunya membantu pemerintah dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan.

“Bahkan ketua IKAPEKSI mampu merekrut tenaga kerja sampai 500 orang. Ini sesuatu yang luar biasa karena membantu pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan,” ucapnya. [TVP]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *