July 22, 2024

Kementerian PUPR Bangun Rumah Susun Cisaranten, dengan Skema KPBU

0

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mempersiapkan pembangunan Hunian Idaman Rumah Susun (Rusun) milik/Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKBG) di Kota Bandung yang diperuntukan bagi masyarakat.

Proyek tersebut adalah Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung. Proyek ini merupakan pilot project arahan dari Presiden Jokowi  pada sektor perumahan untuk pencapaian target RPJMN 2020-2024.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna dalam sambutannya yang disampaikan Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Haryo Bekti Martoyoedo mengatakan, pembangunan rusun ini merupakan kolaborasi Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kota Bandung dalam mengatasi backlog perumahan.

“Kami mengapresiasi dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kota Bandung. Proyek KPBU Rusun Cisaranten akan menyediakan 1879 unit. Rusun ini akan memiliki 10-11 lantai dengan kombinasi mulai dari studio, 1BR, 2 BR, 3 BR hingga  unit khusus difable,” kata Herry dalam acara Expo Properti Kota Bandung, Sabtu (8/7/2023).

Dikatakan Herry, rumah susun akan dibangun dengan skema SKBG, yaitu kepemilikan rumah susun terbatas selama 60 tahun yang dapat diperpanjang selama 30 tahun, sebelum dikembalikan ke pemerintah pada akhir masa SKBG. “Lokasi Proyek KPBU Rusun Cisaranten strategis dekat pusat kota bandung, sekitar Jl AH Nasution Kota Bandung.

Rumah Susun Cisaranten akan memiliki fasilitas yang lengkap mengusung tema bangunan gedung hijau dengan view riverside, yang ekonomis dan ramah lingkungan,” kata Herry.

Ditambahkan Herry, untuk harga rusun nantinya akan terjangkau mulai dari Rp250 juta, cicilan ringan dan akan mendapatkan subsidi pembiayaan dari pemerintah bagi yang memenuhi syarat.

Herry mengatakan, acara pameran ini akan menjadi kesempatan emas bagi warga Bandung untuk dapat mulai mendaftarkan diri dan memastikan menjadi salah satu penghuni rusun Cisaranten saat konstruksi selesai di 2025 nanti.  “Silahkan mengunjungi booth kami di no 31-32 dan memastikan data-data yang diberikan saat mengisi link minat sudah benar, agar kami dapat menghubungi kembali.

Selain itu juga dapat mengikuti beberapa rangkaian talkshow yang kami adakan hari ini dan juga pada tanggal 14 Juli 2023,” kata Herry. [TVP]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *