June 24, 2024

Indonesia-Jepang Teken MoC Bidang Ketenagakerjaan

0

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Dalam rangka mempercepat fasilitasi yang lebih efektif bagi program pelatihan, penempatan, dan penerimaan tenaga kerja Indonesia di Perfektur Miyagi, Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemerintah Perfektur Miyagi sepakat menjalin kerja sama Percepatan Penempatan dan Penerimaan Pemagangan Teknis Indonesia, Specified Skilled Workers, dan Teknisi ke Jepang.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) oleh Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi dan Gubernur Perfektur Miyagi, Yoshihiro Murai di Jakarta pada Jumat (28/7/2023) yang disaksikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Menaker dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mendukung sepenuhnya kerja sama antara Indonesia dan Jepang yang dalam hal ini dilakukan antara Kementerian Ketenagakerjaan dan Pemerintah Perfektur Miyagi.

Menaker pun menginstruksikan kepada pejabat terkait di Kementerian Ketenagakerjaan agar bertindak cepat dan sigap untuk menyelesaikan MoC ini.  “Semoga pelaksanaan MoC ini berjalan secara efektif dan efisien,” ucap Menaker.

Menaker menyatakan bahwa pada Presidensi G20 India ia bertemu dengan Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, Katsunobu KATO. Dalam pertemuan tersebut kedua pihak sepakat untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang.

“Saya kira pertemuan kita pada hari ini melalui penandatanganan MoC ini adalah bagian dari upaya kita mempererat hubungan Indonesia dan Jepang,” ucapnya. [TVP]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *