July 14, 2024

Menaker Serahkan Penghargaan Kepada Peraih Medali WSA 2023

0

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyerahkan penghargaan kepada delegasi Indonesia pada ajang 13th WorldSkill ASEAN (WSA) Singapura Tahun 2023. Penghargaan ini diberikan setelah Indonesia berhasil menjadi juara umum di ajang kompetisi keterampilan tingkat ASEAN tersebut, dengan menyabet total 27 medali.

“Pencapaian ini merupakan jerih payah para kompetitor (kontestan) dan juga usaha para expert yang telah mempersiapkan kompetitor dengan keterampilan yang terbaik, serta dukungan dari para pimpinan Training Center dan juga pihak sponsor,” kata Ida Fauziyah melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Sabtu (29/7/2023).

Total 27 medali yang diraih kompetitor Indonesia di ajang WSA 2023 terdiri dari 14 medali emas, 8 medali perak, 3 medali perunggu dan 2 medallion of excellence (diploma).

Para peraih medali mendapatkan penghargaan berupa uang tunai dari pemerintah sebesar Rp25 juta untuk peraih medali emas, Rp20 juta (medali perak), Rp15 juta (medali perunggu), dan Rp12,5 juta (diploma). Selain itu, semua kompetitor akan mendapatkan sertifikat partisipasi pada WSA ke-13 dari host country Singapura.

“Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada peserta yang belum mendapatkan medali, semoga kompetisi ini menjadi pengalaman yang berharga untuk lebih meningkatkan kompetensi,” katanya.

Ida Fauziyah mengatakan, hasil WSA 2023 merupakan prestasi luar biasa, di mana Indonesia mampu menjadi Juara Umum di Negeri orang lain tidak hanya pada saat menjadi tuan rumah pada tahun 2012 pada ASC ke-IX di Jakarta. “Ini membuktikan bahwa SDM kita tidak kalah saing dengan SDM dari negara-negara lain,” ujarnya.

Dirjen Pembinaan Pelativan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemnaker, Budi Hartawan, menambahkan, pada WSA 2023 Indonesia mengirimkan 36 kompetitor pada 18 kejuruan dari total 22 kejuruan yang dipertandingkan. Sebanyak 14 medali emas berhasil diraih yang disumbangkan dari kejuruan Refrigeration and AC sebanyak 2 medali emas.

Sementara Web Technologies, Mechanical Enginering CAD, Electronics, IT Network System Administration, IT Software Solutions for Business, Fashion Technology, Automobile Technology, Restaurant Service, Industrial Automation, Mobile Robotics, CNC Maintenance, dan Rapid Transit Systems menyumbangkan masing-masing 1 medali emas.

Selanjutnya, 8 medali perak disumbangkan masing-masing dari Web Technologies, Mechanical Enginering CAD, Electronics, IT Network System Administration, IT Software Solutions for Business, Fashion Technology, Mechatronics, dan Internet of Things.

Tiga medali perunggu disumbangkan dari kejuruan Automobile Technology, Restaurant Service, dan Hair Dressing. Sedangkan 2 medali diploma disumbangkan oleh kejuruan Graphic Design Technology.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas upaya doa dan ikhtiar seluruh pihak yang terus mendukung kami dalam pengembangan SDM yang kompeten dan berdaya saing global,” ujarnya.  [TVP]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *