July 14, 2024

Dukung Layanan Pencari Kerja yang Efektif, Kemnaker Bekali Pelatihan Mandiri bagi Pengantar Kerja

0

Jakarta, TVP – Sebagai langkah mendukung pelayanan pencari kerja yang efektif, Kementerian Ketenagakerjaan memberikan pembekalan berupa Pelatihan Mandiri (Self-Training) bagi para Pengantar Kerja.

Pelatihan Mandiri yang dilakukan secara zoom meeting ini dibuka oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja (Binapenta dan PKK) Haiyani Rumondang, pada Kamis (19/10/2023).

Dalam sambutannya, Dirjen Haiyani mengatakan, Pelatihan Mandiri merupakan komponen yang penting dalam mendukung peningkatan kualitas layanan kepada pencari kerja. Pelatihan Mandiri lanjutnya, tidak hanya memberikan manfaat pribadi bagi Pengantar Kerja, tetapi juga dapat berkontribusi positif pada upaya pemberdayaan pencari kerja.

“Dengan kemampuan untuk memahami proses penerimaan dan tuntutan pekerjaan, mereka menjadi lebih siap untuk menghadapi tantangan dan bersaing di pasar kerja yang kompetitif,” ucap Dirjen Haiyani.

Dirjen Haiyani mengungkapkan, Pengantar Kerja memegang peranan penting dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka. Selain itu Pengantar Kerja juga menjadi tulang punggung dari Layanan Ketenagakerjaan Publik.

Kami yakin bahwa dengan peningkatan kompetensi melalui Pelatihan Mandiri, saudara akan menjadi agen perubahan untuk membantu masyarakat mengejar impian mereka dalam karir dan kehidupan mereka,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Bina Pengantar Kerja Kemnaker, Nora Kartika Setyaningrum menambahkan, Pelatihan Mandiri bagi Pengantar Kerja merupakan wujud nyata pemenuhan pengembangan kompetensi Pengantar Kerja dalam menghadapi proses layanan Antar Kerja di instansi kerjanya masing-masing.

“Kami mengharapkan semua Pengantar Kerja dapat menyelesaikan pelatihan ini dengan baik, agar nantinya dapat diaplikasikan dalam pekerjaannya,” ujarnya. [TVP]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *