June 13, 2024

APERSI dan Kementerian PUPR Akui Pengembang ini Bangun Rumah Subsidi Terbanyak

0

Bogor, TVP – Gelaran Hari Belanja Rumah Nasional (HABERNAS) 11.11 Vista Land Group mendapat respon luar biasa dari masyarakat pencari rumah. Hal yang mengejutkan hanya dalam tempo satu bulan (10 Oktober hingga 11 November 2023) berhasil ’menjaring’ 1.821 konsumen, dan sekitar 1.127 di antaranya berhasil akad kredit massal pada 11 November 2023 (11.11).

Akad kredit massal 1.127 konsumen diselenggarakan di 3 lokasi, yaitu Wilayah Barat di Puri Harmoni Cikasungka, Wilayah Timur di Gran Harmoni Cibitung, dan Wilayah Selatan di Harmoni Primavera Cileungsi.

Prestasi ini mendapat apresiasi dari Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan Dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Junaidi Abdillah. Dirinya mengaku bangga ada anggotanya bisa berkontribusi signifikan dalam membantu pemerintah merumahkan rakyat.

”Menurut cacatan kita (APERSI) dan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), realisasi KPR (FLPP) rumah subsidi Vista Land Group tertinggi secara nasional. Tahun 2022 realisasinya sekitar 4.250 unit rumah,” kata Junaidi saat menghadiri puncak acara HABERNAS 11.11 Vista Land Group, di perumahan Harnomi Primavera, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Sabtu (11/11/2023).

Selama dua tahun berturut-turut, ungkapnya, group ini mencatat rekor tertinggi nasional realisasi akad kredit untuk rumah subdisi. Karena itu, APERSI pun memberikan penghargaan kepada Vista Land Group. Dari 3.500 anggotanya, di tahun 2022 APERSI berhasil menjual rumah (subsidi dan komersial) sekitar 120.000, dan 4.250 unit (hanya rumah subsidi) disumbang oleh Vista Land Group.

”Kami berharap, sukses ini dapat diikuti developer lain, terutama inisiasinya membuat program HARBERNAS 11.11. Strategi ini akan saya angkat sebagai isu nasional Hari Belanja Rumah Nasional. Dan berharap kuota rumah subsidi tahun ini ditambah karena per Oktober 2023 tersisa tinggal 10 ribu unit, dari total 220 ribu unit yang ditargetkan,” kata Junaidi.

Hirwandi Gafar Direktur consumer banking Bank BTN yang juga hadir di acara tersebut mengatakan, sejak tahun 2007 pihaknya telah bekerja sama dengan Vista Land. Hingga kini, realisasi akad kreditnya mencapai lebih 40.000 unit (rumah subdisi dan komersial). Ini merupakan salah satu realisasi KPR terbesar untuk satu group pengembang.

Menurut Hirwandi selama ini komunikasi pihaknya dengan Vista Land Group sangat bagus. Mereka juga sering melakukan acara akad kredit massal, tujuannya untuk terus meningkatkan ritme penjualan. Ia juga mengakui program HABERNAS 11.11 merupakan terobosan yang belum pernah ada untuk penjualan rumah.

”Selain rumah subsidi, kami juga bekerja sama dalam hal pembiayaan KPR rumah komersial (real estate). Kami senang, sebab rumah real estate yang ditawarkan Vista Land harganya cukup terjangkau sehingga mudah diserap masyarakat, khususnya kaum milenial dan keluarga muda,” kata Hirwandi.

Hirwandi menilai, selama ini Vista Land Group komit terutama dari sisi legalitas lahan, baik dari peruntukan maupun sertifikatnya, serta perijinannya selalu lengkap. Juga dari sisi produk rumah dan lingkungannya yang selama berkerja sama belum ada pembangunannya yang mangkrak atau tidak ada sertifikatnya.

Terobosan industri properti

Sementara itu, Esther Kristiany Hadi, Direktur Vista Land Group menjelaskan, pencapaian program HAREBNAS 11.11 melebihi ekspektasi. Hanya dalam seminggu setelah dirilis di berbagai media massa, sekitar  30 proyek perumahan Vista Land Group yang tersebar di Jabodetabek langsung diserbu konsumen.

Acara ini terselenggara juga berkat dukungan dari Bank BTN, Bank DKI, Bank BJB, Propan (cat), Genteng Beton Mahkota, rangka baja Platinum Primoris, dan kontraktor Maju Jaya Perkasa, serta kontraktor PT Sinar Mitramulia.

Habernas 11.11, kata Esther, merupakan terobosan baru pemasaran di industri properti, dan berharap bisa memberikan dampak secara langsung terhadap pertumbuhan sektor properti pada umumnya dan secara khusus meningkatkan kegairahan masyarakat untuk segera memiliki rumah dengan berbagai kemudahannya.

”Konsumen kami yang sudah booking dan berhasil melakukan akad kredit berkesempatan mendapatkan hadiah langsung maupun doorprize dan grandprize. Kami membagikan emas batangan hingga 1,1 kg,  ratusan hadiah elektronik, dan grandprize untuk 3 konsumen yang beruntung rumahnya akan kami lengkapi full furnish,” jelas Esther.

Selain rumah subsidi, lanjutnya, penjualan rumah komersial ternyata juga sangat diminati.  Saat ini Vista Land Group mulai mengembangkan beberapa rumah komersial di Kabupaten Bogor yaitu Harmoni Park Residence Cileungsi, Symphony Primavera, Puri Harmoni Pasirmukti, Harmoni Park Citayam, dan yang terbaru adalah Harmoni Park Bekasi, di Kabupaten Bekasi.

”Penjualan  rumah komersil kami juga sangat baik, karena selain lokasi perumahan yang strategis, kami juga menunjukan komitmen kepada konsumen kami dengan membangun infrastruktur jalan dan fasilitas lebih awal, serta menyediakan stok rumah siap huni. Selain itu juga program kemudahan pembayaran dengan uang muka dan cicilan yang ringan,” katanya..

Ke depan, Esther mengungkapkan, pihaknya akan fokus pada peningkatan mutu produk, lingkungan, dan fasilitas. Selain itu, Vista Land Group juga  terus akan melakukan diversifikasi produk, pengembangan perumahan komersial, serta meningkatkan cadangan lahan. [TVP]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *