April 16, 2024

Sekjen  Kemnaker Temui GIZ, Perkuat Kerja Sama Pelatihan Vokasi

0

Berlin, TVP – Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengadakan pertemuan bilateral dengan Björn Gruber, Head Labour Migration/Global Skills Partnerships GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit) di kantor  Badan Ketenagakerjaan Federal (Bundesagentur für Arbeit=BA) Berlin, Jerman, Rabu (28/2/2024).

GIZ adalah perusahaan internasional milik Pemerintah federal Jerman yang beroperasi di berbagai bidang di lebih dari 130 negara. Dalam pertemuan tersebut, Anwar menyatakan Kemnaker berkomitmen untuk terus mempererat kerja sama pelatihan vokasi dengan Badan kerja sama Internasional Jerman tersebut.

Baca Juga: Kemnaker Tindaklanjuti Kerja Sama Pengiriman Tenaga Perawat ke Jerman

“Pertemuan hari ini diharapkan dapat memberikan informasi lebih komprehensif terkait gambaran bagaimana GIZ telah mendukung Indonesia dalam penguatan Technical Vocational Education and Training (TVET), dan rencana ke depannya bagaimana Bundesinstitut für Berufsbildung (BiBB berperan di dalamnya, ”  kata Anwar Sanusi melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Kamis (29/2/2024).

Anwar Sanusi menegaskan Pemerintah Jerman melalui GIZ selalu memberikan dukungan dalam peningkatan kualitas TVET di Indonesia. Dukungan GIZ, antara lain proyek Sustainable Economic Development through Technical and Vocational Education and Training (SED-TVET) pada tahun 2010-2017, yang dilanjutkan proyek TVET System Reform (TSR) pada tahun 2018-2021.

Baca Juga: Kemnaker Bentuk Tim Substansi G20 EWG 2024

Selanjutnya proyek paralel berjalan yakni TSR 2.0 dan Innovation and Investment for Inclusive Sustainable Economic Development (ISED) dalam dua tahap. Tahap I periode  27 Mei 2017 hingga 30 Juni 2021 telah selesai, dan untuk tahap II ini, salah satunya akan bekerja sama dengan Pusat Pasar Kerja untuk periode sampai  30 Juni 2024.

“Tujuan kerja sama ini dalam rangka mempromosikan lapangan kerja yang inklusif dan berkelanjutan. Sebelum tahun 2010, GIZ yang sebelumnya Bernama GTZ juga telah banyak mendukung Kemnaker, ”  ujar Anwar Sanusi.

Dengan akan berakhirnya kegiatan TSR 2.0 dan ISED pada tahun 2024 ini, Anwar berharap BiBB terus mendukung Pemerintah Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan vokasi.

Baca Juga: Kemnaker Puji Mahasiswa Gelar Days of Law Career

Sementara untuk pengembangan TVET di Indonesia, akan segera dimulai proyek GESIT (Green Jobs for Social Inclusion and Sustainable Transformation) yang fokus dalam pengembangan TVET di sektor ramah lingkungan. “Kami juga mendapatkan informasi bahwa GIZ akan terus mendukung implementasi Perpres 68 tahun 2022 melalui kelanjutan dari proyek TSR 2.0, ” kata Anwar Sanusi. [eh]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *