Israel akan Segera Hancurkan Batalion Hamas di Rafah

0

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu

JERUSSALEM, TVP – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel akan melancarkan invasi ke kota Rafah di Gaza selatan terlepas dari pembicaraan gencatan senjata dengan Hamas.Tujuan utama dari serangan itu adalah untuk menghancurkan battalion Hamas di Rafah.

Hal ini terjadi di tengah upaya yang sedang berlangsung untuk mencoba mencapai kesepakatan mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera.

Sementara, pada pertemuan keluarga sandera, Netanyahu mengatakan dia akan menyerang dengan atau tanpa kesepakatan.

Baca Juga: Israel bom RS Indonesia Jelang Jeda Kemanusiaan di Gaza

Komentarnya menyusul peringatan baru AS terhadap invasi Rafah kecuali warga sipil dilindungi dengan baik. Dalam panggilan telepon dengan Netanyahu pada hari Minggu, Presiden AS Joe Biden menegaskan kembali posisinya yang jelas mengenai Rafah, kata pernyataan Gedung Putih. Biden sebelumnya menggambarkan invasi ke Rafah sebagai “garis merah”.

Pada hari Selasa, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan serangan terhadap Rafah akan menjadi eskalasi yang luar biasa, dan menyerukan “semua pihak yang memiliki pengaruh terhadap Israel untuk melakukan segala daya mereka untuk mencegahnya”.

Lebih dari separuh penduduk Gaza yang berjumlah 2,5 juta jiwa berada di Rafah, mengungsi ke sana untuk menghindari pertempuran di bagian lain wilayah tersebut. Kondisi di kota yang padat penduduk ini sangat buruk, dan para pengungsi di sana mengeluhkan kekurangan makanan, air, dan obat-obatan.

Baca Juga: Benyamin Netanyahu: Tuhan Lindungi Israel, Semua Musuh Hangus !

Presiden Palestina yang berbasis di Tepi Barat Mahmoud Abbas mengatakan pada hari Senin bahwa invasi ke Rafah akan menjadi bencana terbesar dalam sejarah rakyat Palestina.

Sumber-sumber Israel mengatakan kepada kantor berita Reuters pada hari Senin bahwa rencana untuk menyerang Rafah akan dibatalkan demi “masa tenang yang berkelanjutan” jika perjanjian gencatan senjata antara Hamas dan Israel tercapai.

Beberapa hari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan kepada televisi Israel Channel 12 bahwa jika ada kesepakatan, Israel akan menghentikan operasi di Rafah.

Namun pada hari Selasa, Netanyahu bersikeras bahwa perang akan terus berlanjut sampai Israel mencapai semua tujuannya di Rafah.  “Gagasan bahwa kita akan menghentikan perang sebelum mencapai semua tujuannya adalah mustahil,” katanya. “Kami akan memasuki Rafah dan kami akan menghilangkan batalion Hamas di sana dengan atau tanpa kesepakatan, untuk mencapai kemenangan total,” menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Netanyahu.

Baca Juga: Terus Berdoa untuk Palestina dan Israel

Dikatakan bahwa keluarga tersebut mendesak perdana menteri dan penasihat keamanan nasionalnya, Tzachi Hanegbi, untuk melanjutkan perang dan mengabaikan tekanan internasional yang meningkat.

Namun banyak keluarga sandera yang secara terbuka berdemonstrasi agar pemerintah menyetujui kesepakatan untuk memulangkan orang yang mereka cintai dengan cara apa pun. Sekitar 130 sandera dari 253 sandera yang diculik oleh Hamas selama serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober masih belum ditemukan. Setidaknya 34 di antaranya diperkirakan tewas. Sisanya telah dibebaskan atau diselamatkan.

Pembicaraan tidak langsung telah menemui jalan buntu selama berminggu-minggu, meskipun Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan pada hari Senin bahwa dia berharap Hamas akan menerima apa yang dia sebut sebagai “tawaran luar biasa murah hati” Israel untuk melakukan gencatan senjata.

Sementara itu, ketua organisasi pengungsi PBB telah memperingatkan bahwa invasi yang akan terjadi menyebabkan orang-orang di Rafah hidup dalam kondisi “gangguan stres traumatis yang terus-menerus”. “Warga belum diminta untuk mengungsi dari Rafah, namun ada perasaan bahwa jika tidak ada kesepakatan minggu ini, hal itu bisa terjadi,” kata Philippe Lazzarini kepada wartawan.

Baca Juga:

“Rekan-rekan saya di lapangan menggambarkan keadaan trauma yang terus-menerus terjadi di masyarakat.” Netanyahu juga mengecam laporan baru-baru ini, yang mengutip para pejabat Israel, bahwa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag mungkin sedang bersiap untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi para pemimpin pemerintah Israel dan komandan militer atas tuduhan terkait dengan skandal dalam skala sejarah perang.

“Saya ingin memperjelas satu hal: tidak ada keputusan, baik di Den Haag maupun di mana pun, yang akan merusak tekad kami untuk mencapai semua tujuan perang,” kata perdana menteri.

“Israel mengharapkan para pemimpin dunia bebas untuk menentang keras langkah memalukan ini, sebuah langkah yang akan merugikan kapasitas pertahanan diri tidak hanya Negara Israel, tetapi juga semua negara demokrasi di dunia.”

Baca Juga: Terowongan Gaza Jadi Aspek Vital dalam Konflik Palestina-Israel

Belum ada pengumuman dari Jaksa ICC Karim Kahn KC.  Namun, kantornya telah secara resmi menyelidiki dugaan kejahatan perang di Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza yang diduduki Israel sejak Juni 2014, dan Khan telah mengonfirmasi bahwa penyelidikan tersebut akan mencakup serangan tanggal 7 Oktober dan perang yang terjadi setelahnya.

Israel tidak pernah meratifikasi Statuta Roma, perjanjian pendiri ICC, dan Netanyahu bersikeras bahwa ICC “tidak mempunyai wewenang” atas negara tersebut. Namun, ICC memutuskan pada tahun 2015 bahwa mereka memiliki yurisdiksi karena Palestina telah meratifikasi perjanjian tersebut. [bbc.com/dt].

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *