Kemnaker: Ketum PKB Tak Terlibat dalam Penentuan Pejabat di Kemnaker

0

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri.

[JAKARTA] Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar tidak ikut terlibat dalam menentukan  pejabat, terutama jabatan eselon I dan II di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). “Ketua Umum PKB tidak terlibat, semua yang menentukan adalah Menaker (red-Hanif Dhakiri),” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas), Kemnaker, Helmiaty Basri, menjawab, Ketua Umum PKB itu tidak terlibat. “Ketua Umum PKB tidak terlibat, semua yang menentukan adalah Menaker (red-Hanif Dhakiri).

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri.

Jawaban Hermiaty ini menepis informasi yang beredar di Kemnaker selama ini bahwa setiap penentuan jabatan eselon I – eselon IV di Kemnaker harus selalu mendapat restu dari Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB. Informasi ini semakin santer belakangan ini juga sehubungan dengan banyaknya jabatan eselon I, II dan III di Kemnaker yang sampai saat ini masih kosong.

Helmiaty mengatakan, memang benar ada banyak jabatan eselon I, II dan III yang kosong. Namun, untuk mengisi jabatan-jabatan itu perlu proses agar tidak salah menempatkan orang.

Sampai saat ini banyak jabatan eselon I dan II serta III di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) masih kosong. Padahal banyak orang di Kemnaker yang bisa menempati posisi-posisi itu. “Aneh sekali rasanya organisasi Kemnaker ini. Banyak jabatan yang kosong yang hanya diisi oleh orang dengan posisi pelaksana tugas (Plt),” kata seorang pejabat di Kemnaker yang enggan menyebutkan namanya.

Para pejabat di Kemnaker meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar segera memerintah Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, segera mengisi jabatan-jabatan yang kosong itu. “Selain itu, kami juga meminta agar peran staf khusus menteri yang tidak ada namanya dalam struktur kementerian dikurangi. Jangan intervensi kebijakan eselon I dan II di sini,” kata pejabat itu.

Sejumlah jabatan yang kosong di Kemnaker, yakni jabatan eselon I yakni Sekjen Kemnaker. Setelah Hery Sudarmanto pensiun sejak Agustus 2018 maka Haiyani Rumondang yang menjabat sebagai Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Kemnaker, merangkap sebagai Plt Sekjen Kemnaker. (Bukan Maruli Apul Hasoloan sebagaimana berita sebelumnya).

Kepala Badan Rencana dan Pengembangan (Barenbang) Kemnaker sudah lama kosong. Setelah Sugiarto Sumas pensiun sekitar satu setengah tahun lalu, yang diangkat sebagai Plt Kepala Barenbang adalah Khairul.

Sementara jabatan Inspektur Jenderal juga kosong sejak sekitar lima bulan lalu. Setelah Sunarno pensiun yang diangkat sebagai Plt Irjen adalah Esty.

Pada bulan September 2018, ada empat eselon I di Kemnaker disuruh ikut uji kompetensi oleh Menaker, Hanif Dhakiri untuk mengisi jabatan-jabatan eselon I di Kemnaker yang kosong itu. Namun, sampai saat ini tidak ada realisasi dari uji kompetensi yang telah dilaksanakan itu.

Pada bulan September 2018 juga sebanyak 20  orang eselon II di Kemnaker disuruh mengikuti uji kompetensi untuk mengisi sejumlah jabatan eselon II kosong. Namun, realisasi dari uji kompotensi itu sampai saat ini tidak ada.

Realita sampai saat ini ada ada lima jabatan eselon II di Ditjen Pembinaan dan Pengawasan Kemnaker kosong sudah sejak tiga tahun lalu. Lima jabatan eselon II di Inspektoral Jenderal juga kosong sejak tiga tahun lalu. [EH]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *