July 27, 2024

Damri Gandeng Telkom Luncurkan Layanan E-Ticketing

0

Mobil Damri

[JAKARTA] PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) bekerjasama dengan Perum Damri meluncurkan e-Ticketing Damri Rute Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, (Soetta) di Pool Damri Kemayoran, Jakarta, Kamis (22/11).

Mobil Damri

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) perihal Layanan e-Ticketing Damri Pada Angkutan Bandara yang dilaksanakan oleh Telkom dan Perum Damri pada Juli lalu.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Dian Rachmawan, menyampaikan, sebagai BUMN di sektor telekomunikasi digital, TelkomGroup telah menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem e-ticketing ini.

TelkomGroup telah mengembangkan mobile apps, web reservation, backend system, bus validator, online payment, serta payment aggregator kartu prepaid untuk menunjang operasional E-ticketing Damri.

Di mana, untuk mendapatkan ticket prepaid, pengguna dapat membayar dengan uang elektronik berbagai bank, uang elektronik T-money atau menggunakan channel pembayaran internet payment gateway (IPG) seperti TCASH.

“Kita siapkan database armada, database penumpang, database jadwal, database rute atau trayek. Kita sediakan juga payment gateway yang menjembatani sumber pembayaran, serta berbagai variasi pembelian tiket baik one way atau return, mingguan dan bulanan. Sistemnya pun sudah siap jadi mudah untuk direplikasi ke seluruh moda baik antara kota, dalam kota maupun bandara-bandara, ” katanya, Jumat (23/11).

Adapun pemanfaatan teknologi e-ticketing meliputi ticketing system, validation system, serta payment system . Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai oleh masyarakat dalam rangka mewujudkan cashless society.

Kerja sama ini, tambahnya berlangsung selama lima tahun. Di mana, saat ini baru rute Jabodetabek termasuk Sukabumi menuju Bandara Soetta dan Halim Perdanakusumah maupun sebaliknya. Di mana, perluasan rute akan dilakukan pada tahun depan.

Direktur Utama Perum Damri, Setia N. Milatia Moemin, mengatakan,sistem tiket elektronik ini bertujuan agar pelanggan semakin mudah memperoleh tiket Bus Damri, di sisi lain juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan. “Kami berharap agar masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini,” kata dia.

Implementasi sistem tiket elektronik ini dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari layanan angkutan bandara Soekarno – Hatta untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua. “Pada akhirnya, seluruh rute bandara nanti akan menerapkan sistem e-ticketing,” ungkapnya.

Setia menambahkan, saat ini ada 28 titik pemberangkatan menuju bandara dan akan bertambah menjadi 30 titik pada bulan Desember. Dengan jumlah armada sebanyak 350 dan akan bertambah 60, seiring peremajaan armada yang dilakukan setiap lima tahun sekali.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menambahkan, e-ticketing penting karena pemerintah ingin mendorong masyarakat menggunakan angkutan umum.

Di mana, Damri diminta tidak hanya menyediakan suplai bus namun juga memasarkannya. “Tantangan kita mobil pribadi yang nyaman. Bagaimana kita dekatkan ke angkutan massal, pendekatan bisa dengan kemudahan. Nah, e-ticketing ini mendekatkan kita dengan kemudahan itu,” katanya. [O-2]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *