July 27, 2024

Gubernur Kalbar: Ada Hambatan Kegiatan Keagamaan, Lapor !

0

Gubernur Kalbar, Sutarmidji. [SOS]

[PONTIANAK] Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji, mengatakan, jika ada kesulitan dan hambatan dalam melaksanakan kegiatan kegiatan keagamaan dan kebudayaan diminta segera dilaporkan kepadanya. Pihaknya akan memfasilitasi semua kegiatan keagamaan dan kebudayaan yang dilaksanakan masyarakat.

Hal itu dikatakan Gubernur Kalbar, Sutarmidji, saat menghadiri acara Natal Oikumene Masyarakat Kalbar di Pontianak, Jumat (11/2).

Gubernur Kalbar, Sutarmidji. [SOS]
Ia mengatakan, pihaknya sebagai Gubernur akan berdiri di depan bagi semua agama, suku  dan semua etnis. Oleh sebab itu  jika ada hambatan, kesulitan dan kendala dalam melaksanakan kegiatan kebudayaan dan keagamaan hendaknya segera dilaporkan dan pihaknya akan segera difasilitasiya.

Hal ini  penting karena tujuan berbangsa dan bernegara adalah untuk mencapai  kesejahteraan  masyarakat dan kesejahteraan itu hanya dapat dicapai jika bersatu dan bersama sama untuk mencapainya.  Sebab tidak akan mungkin agama itu bisa disatukan, namun   perbedaan itu bisa disatukan  untuk mencapai kesejahteraan.

Pihaknya berharap agar agama menjadi landasan bagi setiap orang untuk membangun kebersamaan dalam menuju kesejahteraan masyarakat Kalbar.  Oleh sebab itu masyarakat diminta untuk menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualitas baik untuk mengelola sumber daya alam Kalbar yang sangat kaya.

Hal ini penting karena Kalbar memiliki sumber daya alam yang sangat kaya sehingga diperluan SDM yang baik dan berkualitas untuk mengelolanya. Diharapkan masyarakat kalbar tidak menjadi penonton dalam mengelola SDA dan membangun Kalbar.

Dikatakan demikian karena sekarang ini Kalbar merupakan satu daerah yang memiliki sumber daya alam yang kaya dan melimpah dibandingkan daerah lain di Indonesia. Dikatakan demikian karena sumber daya alam yang dimiliki daerah lain sudah hampir habis dikeruk atau dikelola, sementara Kalbar baru mulai di kelola atau di ekspolitasi.

Ia berharap, sumber daya alam (SDA)  yang dimiliki Kalbar dapat dikelola dengan baik dan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Untuk itu masyarakat diharapkan dapat mempersiapkan generasi yang berkualitas untuk mengelola sumber daya alam yang dimiliki Kalbar.

Disisi lain ia menambahkan, anggaran untuk pelaksanaan Natal Oikumene Kalbar sudah disetujui sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu diharapkan penggunaan dana agar dapat dipegunanakan dengan baik.

Ditempat yang sama ketua panitia pelaksanaan Natal Oikumene Kalbar Sekundus SH mengatakan,   rangkayan kegiatan dalam pelaksanaan Natal Oikumene yaitu melaksanakan bhakti sosial anjang sana  dengan memberikan bantuan sosial ke sekolah pastor, suster dan pendeta. Sementara tema dalam perayaan Natal Oikumne sekarang ini adalah “Yeses Kritus Hikmat bagi Kita Semua”.

Ia mengatakan, sember dana dalam perayaan Natal Oikumene tahun ini adalah dikumpulkan dari kolekte gereja dan sumbangan donator serta dari Pemprov Kalbar. Sementara kondisi pendanaan hingga hari “H” puncak pelaksanaan Natal Oikumene hari ini  Jumat (11/1)  panitia masih mengalami kekurangan dana. [SOS]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *