Pemilu 2019, PPK Langke Rembong Periksa Kesehatan Gratis

0

PPK Langke Rembong periksa kesehatan gratis di Puskesmas Kota Ruteng, Jumat (26/4/2019). [Willy Grasias]

Ruteng, Topvoxpopuli.com – Pada hari kelima sejak dilakukan perhitungan suara di tingkat Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 40 orang yang terdiri dari Komisioner Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), petugas keamanan, dan para saksi diperiksa secara gratis oleh enam petugas dari Puskesmas Kota Ruteng, Jumat (26/4/2019).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya korban, dalam proses penghitungan suara hasil pesta demokrasi lima tahunan pada 17 April 2019.

PPK Langke Rembong periksa kesehatan gratis di Puskesmas Kota Ruteng, Jumat (26/4/2019). [Willy Grasias]
Seorang anggota PPK Kecamatan Langke Rembong, Yohanes Jon, mengaku kondisi fisiknya agak drop lantaran kelelahan, setelah dalam beberapa waktu belakangan ini bertugas merekapitulasi suara. Karena itu, ia ingin memeriksakan kesehatannya, apakah masih memungkinkan untuk melaksanakan tugas ataukah ada saran lain dari tim kesehatan. “Tadi diperiksa, katanya tensi agak tinggi, dan disarankan untuk istirahat dan diberi obat. Pekerjaan masih banyak, kami menghitung 155 tempat pemungutan suara (TPS) dari 20 kelurahan dalam wilayah ini, kami bekerja terkadang sampai larut malam ” ujar lelaki paru baya itu, usai melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurut John, ia masih diperkenankan untuk melanjutkan tugas. Hanya saja, memang diminta untuk tetap menyempatkan diri beristirahat, menjaga pola makan dan minum, serta mengurangi stres.

“Juga, diberi suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Ini bermaksud agar pekerjaan dapat dilanjutkan sebab pekerjaan ini tidak bisa diganti oleh orang lain” lanjutnya.

Kepala Puskesmas Kota, Wilibrordus Tan Bakk, dan keenam orang staf yang terdiri dari para perawat melakukan pemeriksaan kepada seluruh petugas, termasuk petugas keamanan dari TNI Polri dan Pol PP serta para saksi dari Parpol Menurutnya, dari hasil pemeriksaan, banyak petugas yang mengalami kelelahan, namun hanya satu orang yang agak serius. “Pada pemeriksaan hari ini, hasil pemeriksaan mayoritas ‎masih dalam batas ditoleransi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, sekcam Kecamatan Langke Rembong Turbius Sta bersaksi tentang kerja para petugas PPK dan para saksi serta petugas keamanan pada hari kelima ini sungguh melelahkan. “Mereka bekerja dari pagi dan terkadang sampai larut malam, saya bersyukur ada perhatian dari petugas kesehatan dalam wilayah ini, agar terdeteksi kondisi kesehatan para petugas, sehingga kejadian yang tidak diinginkan terhindar,” katanya. [TPV/Willy Grasias]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *