July 14, 2024

Kabut Asap Semakin Tebal Jumlah Hots Spot Capai 3016 Titik

0

Suasana asap di Kalimantan [Sahat Oloan Saragih]

Pontianak, Topvoxpopuli.com [TVP] –  Kabut asap yang menyelimuti wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya tanpak semakin tebal khususnya pada hari ini Jumat (6/9) sekitar pukul 06.00 Wib. Sementara titik hot spootyang terdeteksi di Wilayah kalbar mencapai 3016 titik.

Hal itu dikatakan Dina bagian Prakirawan Badan Metrologi  Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Bandara Supadio Pontianak kepada wartawan Jumat (6/9/2019).

Ia mengatakan,  jumlah hots spoot yang terdeteksi di wilayah Kalbar hingga pagi ini Jumat (6/9) mencapai 3016 titik yang tersebar di Wilayah Kalbar.  Seperti  di Kabupaten Sambas 10  titik, Mempawah 6  titik, Sanggau 253 , Ketapang 1019 titik, Sintang 719  titik, Kapuashulu 475  titik, Bengkayang 53 titik, Landak 42 titik, Sekadau 159 titik, Kayong Utara 148 titik, Melawi 143 titik, Kabupaten Kubu Raya 87, Kota Pontianak 0 dan Kota Singkawang 2  titik.

Sementara jarak pandang di pagi hari di Wilayah Bandara Supadio  Pontianak pada  06.00 Wib sekitar 700  M selanjutnya pada pukul 08.00 Wib menurun menjadi 500 Meter. Namun setelah pukul 08.00 Wib sudah naik  dan sudah normal.

Secara terpisah Sudarman (46) salah seorang warga di Kota Pontianak pagi ini Jumat (6/9) mengatakan, kondisi kabut asap yang menyelimuti Kota Pontianak pada hari ini sangat tebal. Dimana jarak pandang kita di pagi hari sangat dekat.

Ia mengatakan, sebenarnya pada minggu lalu hujan sudah turun di Kota Pontianak. Namun satu minggu terakhir ini tidak ada turun hujan dan warga masyarakat melakukan pembakaran lahan untuk keperluan pertanian.

Kemungkinan besar kondisi ini yang menyebabkan kembali timbul nkabut asap dan menyelimuti wailayah Kota Pontianak. Dikatakan demikian karena pada minggu lalu saat hujan turun kabut asap sudah hilang  karena hujan.

Sementara pada bulan Juli lalu, kabut asap juga sangat tebal di Kota Pontianak dan Pemko Pontianak melalui dinas pendidikan sempat meliburkan siswa PAUD dan SD selama beberapa hari. Namun ketika kabut asap sudah mulai menghilang sekolah kembali masuk dan beraktifitas seperti biasa.[TVP/Sahat Oloan Saragih]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *