April 30, 2024

Lestari Moerdijat: Terus Perkuat Solidaritas Lawan Covid-19

0

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Pandemi Covid-19 bukan hanya menggerogoti sisi kesehatan tetapi telah menghantam sektor ekonomi di seluruh dunia. Masifnya penyebaran Covid-19, telah berdampak merosotnya pertumbuhan ekonomi nasional hingga lesunya dunia usaha.

Terpuruknya dunia usaha itu, kemudian berdampak pada banyaknya karyawan yang jadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) atau orang-orang yang kehilangan usaha. Pemerintah sendiri sudah membuat scenario dampak ekonomi dari paling ringan hingga paling berat. Secara nasional, diperkirakan terdapat penambahan pengangguran antara 2,92 – 5,23 juta orang, dengan tingkat kemiskinan dapat mencapai 3,78 juta orang.

Di Jawa Tengah sendiri, hingga 4 Mei 2020, sebanyak 104.951 orang kehilangan pekerjaan akibat PHK maupun dirumahkan. Menanggapi hal ini secara tertulis di sela rangkaian acara reses Dapil (Jepara-Kudus-Demak), Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, menyatakan, walaupun pemerintah sudah menyiapkan Rp 110 triliun khusus untuk jaring pengaman sosial (social safety net) dari total Rp 405,1 triliun untuk antisipasi Covid-19, solidaritas masyarakat saling menjaga lingkungan terdekat dan berbagi meringankan beban sesama tidak kalah pentingnya. “Gotong royong adalah karakter bangsa yang teruji lama,” kata Lestari Moerdijat, yang sering dipanggi Mbak Rerie dalam siaran persnya, Minggu (17/5/2020).

Melalui Yayasan Sahabat Lestari yang dirintisnya, Mbak Rerie, demikian panggilan akrab Lestari Moerdijat, telah menyalurkan bantuan beras 6,7 ton beras selama pandemi untuk keluarga terdampak ekonomi di Jepara-Kudus-Demak.

Di samping itu, relawan Sahabat Lestari bersama warga setempat telah melakukan penyemprotan disinfektan di lebih dari 1.200 titik dengan total 58.200 liter obat disinfektan. “Upaya yang sudah dilakukan tidak boleh berhenti sampai di sini, saya meminta Sahabat Lestari makin memperkuat solidaritas sosial,” kata Mbak Rerie.

Dalam kesempatan tersebut, Rerie juga menyampaikan apresiasi tertinggi kepada petugas medis di Jepara-Kudus-Demak atas dedikasi dan pengabdian kemanusiaan dalam menjadi garda terdepan melawan Covid 19. “Paramedis tidak boleh sendirian, dan Sahabat Lestari harus menjadi garda terdepan dalam sosialisasi pola hidup sehat untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan masing-masing. Kunci keberhasilan keluar dari pandemi bergantung pada kesadaran kita semua,” tegas Legislator dari Partai NasDem ini.

Lebih lanjut, Rerie berharap agar pemudik menunda dulu mudik ke Jawa Tengah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 masuk ke pelosok pedesaan yang akan membahayakan jiwa dan keselamatan orang tua dan handai taulan. Dan, di saat bersamaan, Rerie berharap pemerintah daerah terus meningkatkan kapasitas sistem Kesehatan di daerah agar penanganan Kesehatan masyarakat tetap berjalan dengan baik selama pandemi. [TVP/RH]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *