April 21, 2024

Biden: Trump Menolak Mengaku Kalah Sungguh Memalukan

0

Joe Biden dan Kamala Harris.

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Presiden terpilih AS, Joe Bidan mengatakan, Presiden Donald Trump menolak mengaku kalah dalam Pilres AS pekan lalu merupakan sesuatu yang memalukan. Biden yang telah dan sedang berkontak dengan pemimpin negara-negara di dunia menegaskan tidak ada yang akan menghentikan peralihan kekuasaan pada Januari 2021.
Sementara itu, Trump menulis di tweetter bahwa dia pada akhirnya akan memenangkan Pilpres AS, yang diproyeksikan akan kalah oleh pihak Demokrat.
Sebagaimana diketahui, setiap empat tahun media AS memproyeksikan pemenang pemilu.
Tidak satu pun hasil pemungutan suara di negara-negara bagian yang tidak disahkan atau disertifikasi. Mereka negara bagian memang masih melangsungkan perhitungan, dan hasilnya ditetapkan dalam rapat
US Electoral College pada 14 Desember 2020.
Biden ketika ditanya wartawan, Selasa (10/11/2020), mengenai pendapatnya soal penolakan Trump mengaku kalah. “Tidak mengakui kekalahan sesuatu yang memalukan,” kata dia.
“Hal seperti ini memang saya harus mengatakan dengan bijaksana. Saya pikir itu akan membantu memariskan kebaikan terutama dalam hal pemilihan Presiden,” tambah mantan Senat AS ini. Menurut Biden, ujungnya tetap pada pelantikan 20 Januari 2020 nanti.
Biden telah menerima telepon dari para pemimpin dunia saat dia bersiap untuk menjabat. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Irish Taoiseach Micheál Martin, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel termasuk di antara mereka yang dia ajak bicara pada hari Selasa.
Dalam berbicara dengan para pemimpin dunia itu, Biden mengatakan bahwa AS telah kembali. “Saya memberi tahu mereka bahwa AS telah kembali. Kami akan kembali dalam permainan bersama negara-negara dunia.”
Johnson memberi selamat kepada Biden melalui panggilan telepon. Dia dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris terus maju dengan transisi. Tetapi badan pemerintah yang kurang dikenal yang dipimpin oleh seorang yang ditunjuk oleh Trump menunda penyerahan proses transisi.
Administrasi Layanan Umum mengoordinasikan pendanaan dan akses ke departemen federal untuk administrasi masuk. Namun, sejauh ini mereka menolak untuk secara resmi mengakui Biden sebagai presiden terpilih.
Namun demikian, Biden mengatakan: “Kami tidak melihat ada yang memperlambat kami”. [TVP/BBC.COM/RH]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *