March 28, 2024

UGM Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Prestasi

0

Mahasiswa UGM KKN di Kalimantan Barat.

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur prestasi. Ada beberapa ragam jalur prestasi yang dibuka kampus yang berdomisili di DI Yogyakarta ini.

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih, menyampaikan jalur prestasi pertama adalah Penelurusan Bibit Unggul Kemitraan (PBUK). UGM bermitra dengan banyak institusi baik institusi negeri maupun swasta melalui jalur ini.

Kedua, jalur Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB). Jalur ini disebut unggul karena keilmuannya mengikuti beberapa olimpiade seperti olimpiade kimia, geografi, fisika, biologi dan lainnya.

Dalam PBUB ini ada Penelurusan Bidang Olahraga dan Seni (PBOS) yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi di bidang Olahraga dan Seni.

Ketiga, jalur Penelurusan Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM). Jalur seleksi ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung.

Terakhir adalah jalur Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan Sekolah Vokasi (PBUSMAK).

“Sampai saat ini kebijakannya setiap siswa-siswi hanya bisa mendaftar satu jenis jalur prestasi saja. Proses seleksinya bareng-bareng, jadi adik-adik diminta memilih salah satu saja, misal memilih PBUB, PBOS, atau PBUK saja,” katanya seperti dikutip dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Jumat (30/4/2021).

Peni menambahkan, untuk jalur prestasi terdapat persyaratan umum dan khusus. Persyaratan umumnya adalah jalur prestasi diperuntukkan untuk WNI sehingga khusus jalur ini tidak ada warga negara asing.

Berikutnya secara umum adalah siswa yang berada di kelas 12, yaitu lulus pada tahun 2021, kecuali untuk yang bidang olahraga boleh lulusan tahun lalu. Selain itu juga mempunyai nilai rapor dari semester 1-5 baik dari SMA, SMK, maupun madrasah.

Untuk SMK programnya 4 tahun, rapor yang diserahkan adalah dari semester 1-7. Nilai rapor tersebut harus di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dan yang mengikuti jalur prestasi adalah 25 % terbaik di kelasnya.

“Selain itu, ada persyaratan khusus, misalnya dalam PBUTM terdapat syarat penghasilan orang tua adalah Rp4 juta/bulan dan orang tuanya paling tinggi lulus diploma dan S1. Ada beberapa syarat khusus di setiap jalurnya, sudah ditulis lengkap di um.ugm.ac.id,” tutur Peni.

Bagi yang mendaftar jalur prestasi, UGM berharap prestasi yang didapatkan paling rendah adalah juara 1 dan 2 di tingkat provinsi, juara 1,2,3 tingkat nasional, maupun finalis tingkat internasional.

Lembaga yang melakukan kompetisi juga harus lembaga yang kredibel karena akan ditelusuri lebih lanjut. Dalam kompetisi grup, peserta yang bersangkutan juga harus menyertakan bahwa ia memang ikut dalam kejuaraan tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi dapat diakses melalui website https://um.ugm.ac.id/, melalui hotline 0857-0955-9730, 0851-5635-8683 atau sosial media @admisiugm. [TVP/RH]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *