July 27, 2024

PSI: Anies Utang Rp180 M demi Formula E

0

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Presiden Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyaksikan proses produksi sepeda motor PT YIMM di Jakarta, Senin (3/12). ( Foto: istimewa )

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah meminjam uang untuk membayar biaya komitmen atau commitment fee Formula E pada 2019 sebesar 10 juta poundsterling atau Rp180 miliar.

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Anggara Wicitra mengatakan utang untuk membayar Formula E tersebut terungkap dari Surat Kuasa No.747/-072.26 tanggal 21 Agustus 2019.

Surat dari Gubernur kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) itu tentang Permohonan Pinjaman Daerah dari Pemprov DKI kepada PT Bank DKI Dalam Rangka Penyelenggaraan Formula Electric Championship.

Anggara mengatakan sehari kemudian atau pada 22 Agustus 2019, Dispora meminjam uang ke Bank DKI sebesar 10 juta poundsterling atau Rp 180 miliar untuk membayar termin pertama commitment fee acara Formula E yang akan dilaksanakan tahun 2020.

“Baru kali ini ada gubernur bela-belain utang demi mengadakan acara balapan mobil, bukan untuk hal yang mendesak seperti membayar gaji pegawai atau mengatasi bencana banjir,” kata Anggara dalam keterangan tertulis, Senin (8/11/2021).

Di sisi lain, Anggaran menerangkan, pada akhir 2019, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta sudah siap membayar Rp 160 miliar untuk pembebasan 118 bidang tanah di bantaran Sungai Ciliwung yang berlokasi di Kelurahan Pejaten Timur, Tanjung Barat, Cililitan, dan Balekambang.

Pembayaran, kata dia, tinggal menunggu keputusan gubernur (kepgub) soal penetapan lokasi yang akan dibebaskan tersebut. Namun, pembebasan lahan akhirnya dibatalkan seluruhnya dengan dalih defisit anggaran.

“Pada 30 Desember 2019 Dispora membayar termin kedua sebesar 10 juta poundsterling atau Rp180 miliar menggunakan APBD, sehingga total yang disetor Rp360 miliar. Sementara itu, anggaran pembebasan tanah normalisasi Kali Ciliwung Rp 160 miliar malah dibatalkan. Ini menunjukkan bahwa Pak Gubernur Anies lebih mementingkan acara balap mobil dibandingkan mengatasi banjir,” ucap Anggara.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Achmad Firdaus menolak berkomentar ketika ditanya soal pinjaman itu.

“Enggak ada komentar, enggak ada komentar,” kata Firdaus di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan mengecek informasi itu.

“Nanti saya cek. Saya baru dengar, apa betul Pemprov ada pinjam ke Bank DKI, yang pasti memang uang kita uang Pemda di DKI ini APBD untuk semua kepentingan apapun ya kita kan adanya di Bank DKI,” katanya.

Anies: Formula E Sejalan dengan Upaya Jokowi Alih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan penyelenggaraan Formula E di Ibu Kota sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional.

“Hadirnya Formula E di Jakarta sejalan dengan upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan,” kata Anies dalam unggahannya di akun Instagram @aniesbaswedan, Sabtu (16/10).

DKI Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

Menurut Anies, Formula E dapat ikut mempromosikan peralihan kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan penggunaan mobil listrik. Menurutnya, ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu merangkul partisipasi generasi muda dan milenial.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menyatakan Jakarta E-Prix 2022 bakal menjadi gelaran balap pertama dari tiga balapan yang dilaksanakan secara beruntun.

Jakarta bakal bersanding dengan kota-kota besar dunia seperti Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul sebagai lokasi balapan.

“Kami ingin kirimkan pesan pada masyarakat dunia mari saksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor,” tuturnya.

Polisi Bubarkan Demo Tolak Formula E di DPRD-Balai Kota

“Kemudian, pada tahun 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP. Hal ini tentunya akan memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia,” ujar Anies menambahkan.

Lebih lanjut, menurut Anies, untuk memaksimalkan manfaat ekonomi, Formula E di Jakarta tidak hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang Juni 2022.

“Acara ini tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk UMKM. Insya Allah balapan ini akan mendatangkan manfaat bagi banyak pihak di Jakarta dan Indonesia,” pungkasnya.

Jakarta resmi jadi tuan rumah Formula E 2022. Keputusan itu ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, Jumat (15/10).

Forum tersebut turut meratifikasi kalender balapan musim ke-8 tahun 2021/2022 mendatang.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia. Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E. [TVP/RH]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *