September 28, 2023

Pohon Tumbang, Masyarakat Harus Waspada Melintasi Jalan Ruteng-Cancar

0

Pohon besar tumbang di Jalan Ruteng - Cancar, Selasa, 22 Februari 2022.

Ruteng, Topvoxpopuli.com – Nasib apes bagi pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat yang melintasi Jalan Ruteng-Cancar Selasa (22/2/2022) terjadi penumpukan belasan kendaraan baik dari Ruteng menuju Cancar maupun sebaliknya.

Menurut Informasi para pengemudi yang dijumpai media ini di lokasi kejadian, pohon tumbang sekitar pukul 23.00 WITA. Beruntung saat tumbang tidak ada satu kendaraan yang melintas.

Vinsen, seorang pengemudi asal Cumbi menuturkan, penumpukan kendaraan itu, diakibatkan satu sebuah pohon besar tumbang dan menutup badan jalan sebelum Wae Garit. Akibatnya kendaraan tidak bisa lewat. “Puluhan kendaraan baik roda dua, empat dan enam tertahan di dua arah berlawanan, “ tuturnya.

Karena itu, Vinsen  berinisiatif untuk menhubungi rekannya bernama Vensi di Nter Lango, Desa Benteng Kuwu  yang memiliki mesin pemotong kayu dan dia bersedia. Setelah melalui pembicaraan yang alot, Vensi bersedia datang ke lokasi untuk memotong pohon tumbang tersebut.

“Vensi tiba dilokasi sekitar pukul 00.20 WITA dan langsung memotong pohon yang tumbang tersebut bersama para pengemudi. Dan Puji Tuhan, sekitar pukul 00.30 WITA pohon tumbang tersebut berhasil diatasi, sehingga lalu lintas kembali normal, “ jelasnya.

Atas kejadian itu Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) pada Kantor Sekda Manggarai, Paulus Jeramun yang juga hadir di TKP untuk menjemput keluarganya yang juga terjebak karena pohon tumbang yang melintas pada jalan itu memberikan apresiasi kepada saudara Vensi dan Vinsen atas inisiatifnya memotong kayu yang melintasi badan jalan itu, sehingga menimbulkan penumpukan kendaraan pada malam itu.

“ Terima kasih kraeng Vinsen dan Vensi yang sudah berinisiatif untuk memotong kayu ini, sehingga lalu lintas pada ruas jalan ini sudah normal kembali. Ini adalah sebuah sikap yang patut dipuji, kalian sudah sigab mengatasi soal ini,“ katanya.

Sebelumnya pada hari yang sama Selasa (22/2/2022) Bupati Manggarai Hery Nabit dalam jumpa pers kepada wartawan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  sudah mengingatkan  masyarakat agar selalu waspada terhadap kemungkinan terjadi bencana di daerah ini. “Sekarang musim penghujan, masyarakat Manggarai yang berada pada lereng lereng bukit yang rawan akan terjadinya longsor dan pohon tumbang diharapkan untuk selalu waspada agar peristiwa /kejadian bencana alam yang  tidak diharapkan dapat dihindari,“ himbaunya. [TVP/WG]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *