February 27, 2024

Menaker: Industri Smelter Nikel Berhasil Ciptakan Lapangan Kerja Baru

0

Konawe, Topvoxpopuli.com – Pemerintah terus berupaya meningkatkan ketahanan ekonomi dan SDM yang berdaya saing, salah satunya dengan mengembangkan  hilirisasi nikel dalam negeri melalui industri smelter nikel.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyebut, pengembangan industri smelter nikel telah berhasil menciptakan lapangan kerja baru yang mampu  menyerap angkatan tenaga kerja setiap tahunnya.

“Hal ini dikarenakan nikel merupakan  komoditas ekonomi  yang banyak dibutuhkan dalam dunia industri, otomotif,  energi serta banyak lagi manfaat lainnya,” kata Menaker Ida Fauziyah ketika melakukan kunjungan lapangan ke Kawasan Industri PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel  (OSS) di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Rabu (15/2/2023).

Menaker mengatakan, keberadaan PT Virtue Dragon Nickel  Industry dan PT Obsidian Stainless Steel sebagai industri smelter  terbesar di Pulau Sulawesi,  diharapkan mampu bersinergi  dalam pembangunan nasional melalui penciptaan pekerjaan layak berlandaskan Keselamatan dan Kesehatan Kerja  (K3).

“Kunjungan ke industri smelter seperti PT VDNI dan PT OSS ini merupakan bentuk perhatian  pemerintah akan  pentingnya investasi untuk menciptakan perluasan kesempatan  kerja dan pertumbuhan ekonomi,” ucap Menaker Ida.

Pemerintah lanjut Menaker Ida menyadari perlunya perbaikan tata kelola industri smelter agar  kehadirannya mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja.

Selain itu menurut Menaker, sosialisasi peran K3 kepada masyarakat sangat diperlukan, dengan  menjadikan K3 sebagai suatu gaya hidup. “Dengan  diterapkannya K3 maka akan  terjadi peningkatan kualitas dan kinerja individu  maupun industri,” ujarnya.

Menaker Ida mengajak semua pihak turut berpartisipasi  aktif dalam menjaga hubungan industrial yang  harmonis. “Melalui keterlibatan semua pemangku kepentingan akan menyadarkan peran dan tanggung jawabnya, sehingga kemitraan serta kerja sama  untuk mencapai tujuan bersama dapat terwujud,”katanya.

Sementara Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menyambut baik kunjungan Menaker Ida Fauziyah ke Sulawesi Tenggara dalam meningkatkan pembangunan ketenagakerjaan yang ada di Kendari dan Konawe.

“Kami apresiasi kunjungan Ibu Menaker Ida Fauziyah ke Sulawesi Tenggara sebagai langkah pembangunan bidang ketenagakerjaan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Pada kunjungan lapangan ini, Menaker Ida Fauziyah didampingi Gubernur Ali Mazi juga  meresmikan pusat pelatihan PT VDNI dan PT OSS. [TVP]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *