April 21, 2024

Survei LSI Klaim Elektabilitas Airlangga Hartarto Tertinggi

0

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (kanan).

Jakarta, Topvoxpopuli.com – Elektabilitas Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto masih tertinggi sebagai Calon Presiden (Capres) dalam Pilpres 2024. Hal itu tersebut berdasarkan hasil jajak pendapat terbaru lembaga survei Laboratorium Suara Indonesia (LSI).

Direktur Eksekutif LSI, Albertus Dino mengatakan pihaknya melakukan survei dinamika kehidupan masyarakat pascapencabutan kebijakan PPKM dan preferensi publik terhadap pilihan politik jelang Pemilu 2024.

“Menurut hasil survei ini, bursa capres masih didominasi oleh tiga nama,” ujar Albertus Dino, Kamis (23/2/2023) dalam keterangan tertulisnya.

Nama Airlangga Hartarto menempati urutan pertama dalam tingkat elektoral tokoh-tokoh kandidat capres. Tingkat elektoral Ketua Umum Golkar itu mencapai 22,7%. Di urutan kedua Prabowo Subianto dengan tingkat elektoral 19,4%. Disusul Ganjar Pranowo dengan tingkat elektoral sebesar 10,6%.

Sementara, Anies Baswedan di urutan keempat dengan tingkat elektoral sebesar 8,7%, Puan Maharani dengan tingkat elektoral 6,4%, dan disusul masing-masing Andika Perkasa 4,7%, Moeldoko 3,8%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,3%, Khofifah Indar Parawansa 2,7% dan yang tidak memilih sebanyak 17,7%.

Dari data survey LSI, sebanyak 88,9% berharap presiden pada 2024 memiliki kemampuan membuat perubahan. Kompetensi tersebut diikuti oleh kemampuan memimpin saat situasi kritis dan membuat kebijakan yang inovatif seperti pada saat adanya pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap perekonomian dan pendapatan masayarakat.

Kemudian, yang ingin presiden dengan kemampuan kolaborasi dengan dunia usaha serta perencanaan dan eksekusi kebijakan masing-masing sebesar 67,9% dan 65,7%. Lalu 72,6% responden menginginkan pemimpin yang memiliki kemampuan membuat kebijakan populis dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti program prakerja, bantuan UMKM dan pelatihan digital teknologi, serta menggerakkan birokrasi sama-sama. “Sebanyak 19,9% anak muda ingin presiden yang memiliki kemampuan retorika dan persuasi publik,” kata dia.

Sementara itu, tingkat elektoral partai politik peserta Pemilu 2024 dari hasil survei yang dilakukan terhadap 2.150 responden, jika pemilu digelar hari ini Partai Golkar meraih 18,2%, PDIP 16,9%, Partai Gerindra 15,7%, Partai Nasdem 6,2%.

Selanjutnya, Demokrat 6,1%, PKS 5,7%, PKB 5,2%, kemudian Partai Perindo 4,7%, PAN 2,2%, PPP 1,8%, partai lainnya 6,6%, dan yang tidak memilih sebanyak 10,7%.

Direktur Eksekutif Institute for Digital Democracy (IDD) Yogyakarta, Bambang Arianto mengatakan unggulnya Airlangga Hartarto sebagai capres pilihan masyarakat dikarenkan adanya bukti kerja nyata yang telah dilakukan Menko Perekonomian itu dalam mengatasi perekonomian Indonesia. “Selain itu, masyarakat telah merasakan program prakerja, bantuan UMKM, dan pelatihan digital teknologi yang dibuat pemerintah,” ucapnya.

Bambang juga menyebutkan naiknya elektabilitas Partai Golkar, karena adanya peran Airlangga sebagai ketua umum dan telah membawa perubahan yang sangat baik. “Alasan lain Ketum Golkar karena telah menyakini masyarakat dalam perekonomian yang telah membaik saat ini,” jelasnya.

Ia melihat strategi dalam menggaet tokoh muda masuk Golkar adalah bukti Airlangga sebagai sosok yang cerdas dalam memanfaatkan situasi politik saat ini.

“Airlangga saat ini hanya perlu mencari siapa sosok cawapres yang tepat untuk mendampingi di Pemilu 2024. Timses Partai Golkar juga harus terus bekerja keras untuk mempertahankan elektabilitas Airlangga agar menang pada Pilpres 2024,” katanya.

Survei Laboratorium Suara Indonesia ini dilaksanakan pada 8-22 Februari 2023 terhadap 2.150 responden yang sudah berusia 17 tahun ke atas di 34 Provinsi. Jajak pendapat dilakukan dengan metode wawancara tatap muka.

Sampel ditentukan secara acak menggunakan metode multistage random sampling. Dengan menggunakan metode ini hasil survei memiliki tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error 2,11%. [TVP]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *