July 14, 2024

Polisi India Tangkap Separatis Sikh

0

NEW DELHI, SP – Amritpal Singh, yang menyerukan kemerdekaan untuk Sikh ditangkap polisi India, di negara bagian Punjab, Minggu (24/4/2023).  Amritpal Singh  yang berusia 30 tahun itu telah melarikan diri selama lolos dari upaya penangkapan di Punjab pada 18 Maret 2023.

Dia dan para pendukungnya telah dituduh melakukan percobaan pembunuhan dan menyerang petugas polisi. Pejabat Polisi Punjab mengkonfirmasi berita penangkapan itu di Twitter dan juga mengimbau perdamaian.

“Singh ditangkap dari Desa Rode di Distrik Moga Punjab sekitar pukul 6.45 pagi pada hari Minggu,” kata inspektur jenderal negara bagian Sukhchain Singh Gill dalam konferensi pers.

Singh dituduh melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional (NSA), yang memungkinkan individu ditahan tanpa dituntut hingga satu tahun. Dia akan dibawa ke penjara Dibrugarh dengan keamanan tinggi di negara bagian Assam, tempat beberapa pendukungnya ditahan.

Singh menjadi terkenal pada Februari setelah ratusan pendukungnya menyerbu kantor polisi, menuntut pembebasan seorang ajudan yang ditangkap.

Kampanyenya membawa kembali kenangan dari pemberontakan separatis tahun 1980-an dan tindakan keras selanjutnya di Punjab di mana ribuan orang terbunuh.

Singh, mengatakan, ia mendukung gerakan Khalistan untuk memisahkan tanah air Sikh. Singh mengaku mendapat inspirasi dari Jarnail Singh Bhindranwale, seorang pengkhotbah yang dituduh oleh pemerintah India memimpin pemberontakan bersenjata pada 1980-an.

Bhindranwale terbunuh dalam penyerbuan Kuil Emas oleh tentara India, tempat suci paling suci dalam agama Sikh, pada tahun 1984. Perburuan Singh berlangsung di beberapa bagian India utara, termasuk ibu kota Delhi dan negara bagian Punjab, Haryana, Uttar Pradesh, dan Uttarakhand. Nepal juga memasukkannya ke dalam daftar pengawasan atas permintaan India.

Polisi pertama kali berusaha menangkap Mr Singh pada 18 Maret 2023, ribuan personel dikerahkan dan blokade lalu lintas dipasang di seluruh negara bagian untuk memeriksa kendaraan. Tapi dia lolos karena upaya penangkapan dibocorkan  beberapa rekannya. Dalam beberapa jam setelah pelarian Singh, pihak berwenang memblokir layanan internet di Punjab, tempat tinggal 27 juta orang, membatasi pergerakan orang, dan menangkap ratusan pendukung Singh.

Banyak dari mereka kemudian dibebaskan. Protes Kelompok Sikh di Kanada mengadakan protes luas terhadap tindakan pemerintah di Punjab. Protes juga diadakan di luar Komisi Tinggi India di London, di mana para demonstran menurunkan bendera India. India mengutuk keras insiden tersebut dan memanggil wakil komisaris tinggi Inggris di New Delhi untuk mendaftarkan protesnya. Di San Francisco, pendukung pro-Khalistan merusak konsulat India, menyerukan agar Singh dibebaskan.

Siapakah Amritpal Singh ? Tidak banyak yang diketahui tentang tahun-tahun awal Mr Singh. Seorang penduduk Jallupur Khera di distrik Amritsar Punjab, dia pindah ke Dubai pada tahun 2012 untuk bergabung dengan bisnis transportasi keluarganya. Dalam kurikulum vitaenya, dia memiliki gelar sarjana teknik mesin dari sebuah universitas di Punjab dan dia bekerja sebagai manajer operasional di sebuah perusahaan kargo.

Selama bertahun-tahun, popularitasnya terbatas pada media sosial di mana pandangannya tentang persatuan dan kenegaraan Sikh menemukan banyak resonansi. Pada Agustus tahun lalu, dia melakukan perjalanan ke India dari Dubai, tampak seperti seorang penganut Sikh yang saleh – tampak berbeda dari foto-foto lama di mana rambut dan janggutnya dipangkas rapi.

Sebulan kemudian, Singh ditunjuk sebagai kepala Waris Punjab De (Pewaris Punjab), sebuah organisasi yang dibentuk oleh Deep Sidhu, seorang aktor dan aktivis yang ditangkap sehubungan dengan kekerasan selama protes yang diadakan oleh para petani – dia meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. tahun lalu. Upacara yang dihadiri ribuan orang itu digelar di Rode yang juga merupakan kampung leluhur Bhindranwale. [BBC/EH]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *