February 23, 2024

Soal Perang Ukraina, Para Seniman Rusia Terbelah

0

Mikhalkov

PERANG antara Rusia dan Ukraina telah memecah komunitas seni di Rusia. Mereka-mereka yang mendukung kebijakan Putin menyerang Ukraina menikmati dukungan pemerintah, tetapi mereka yang menentangnya mendapat tekanan besar untuk mematuhinya.

Berbicara, ada harganya di Rusia. Anda bisa terbunuh, dipenjara atau dipaksa ke pengasingan jika menentang kebijakan Putin. Jika Anda mendukung maka amanlah Anda.   Andrei Makarevich adalah salah satu pemain paling terkenal yang tidak disukai setelah mengkritik kebijakan pemerintah di Rusia Vladimir Putin.

Dia menjadi terkenal selama era Soviet sebagai pentolan grup rock bernama Mashina Vremeni (Mesin Waktu). TV negara pernah memanggilnya “Beatle of Perestroika”, mengacu pada program reformasi pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev. Namun seiring waktu Makarevich semakin kritis terhadap Presiden Putin.

Setelah invasi awal Rusia ke Ukraina pada tahun 2014, Makarevich menulis lagu berjudul My Country Has Gone Mad dan menghadiri demonstrasi anti-perang. Setelah itu, serangkaian konsernya di seluruh Rusia dibatalkan, dan Makarevich menuduh Kremlin mendalangi kampanye penganiayaan.

Dia menjadi terkenal selama era Soviet sebagai pentolan grup rock bernama Mashina Vremeni (Mesin Waktu). TV negara pernah memanggilnya “Beatle of Perestroika”, mengacu pada program reformasi pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev. Namun seiring waktu Makarevich semakin kritis terhadap Presiden Putin.

Setelah invasi awal Rusia ke Ukraina pada tahun 2014, Makarevich menulis lagu berjudul My Country Has Gone Mad dan menghadiri demonstrasi anti-perang. Setelah itu, serangkaian konsernya di seluruh Rusia dibatalkan, dan Makarevich menuduh Kremlin mendalangi kampanye penganiayaan.

Setelah dimulainya perang skala penuh pada Februari 2022, Makarevich meninggalkan Rusia dengan sangat kecewa. “Orang ternyata jauh lebih mudah dimanipulasi. Lebih cuek dan agresif,” katanya dalam sebuah wawancara.

Nikolai Rastorguyev, di sisi lain, adalah contoh artis yang disukai negara. Dia adalah penyanyi utama Lyube, yang sering digambarkan sebagai “band favorit Putin”. Dia adalah pendukung vokal kebijakan Kremlin termasuk “operasi militer khusus” di Ukraina.

Tidak seperti Makarevich, Rastorguyev tampaknya menikmati akses mudah ke tempat-tempat terbaik Rusia selama bertahun-tahun.

Pada 15 Maret 2014, hari dimana Makarevich hampir diserang oleh aktivis anti-Ukraina setelah pawai perdamaian di Moskow, Lyube merayakan hari jadinya yang ke-25 di Stadion Olimpiade ibu kota.

Keesokan harinya, bandnya tampil di Krimea untuk mendukung pemungutan suara yang tidak memiliki pengakuan internasional tetapi digunakan oleh Kremlin untuk membenarkan pencaplokannya atas wilayah Ukraina.

Rastorguyev dan bandnya telah bermain di rapat umum massa yang diselenggarakan Kremlin yang diadakan di stadion terbesar Rusia, Luzhniki, dan dihadiri oleh Presiden Putin. Itu juga menulis lagu merayakan jembatan yang menghubungkan Krimea yang dianeksasi ke Rusia.

Sebagai tanda pengaruh band, polisi yang mencari subversif politik bahkan memaksa pelanggan di sebuah bar di Moskow untuk menyanyikan lagu Lyube, sebagai bukti bahwa mereka mendukung pemerintah. Nikolai Rastorguyev tunduk pada sanksi UE yang dijatuhkan atas peran mereka dalam “ekosistem disinformasi dan manipulasi informasi Kremlin”. Di Rusia, banyak artis yang mengkritik Kremlin, seperti Makarevich, secara resmi ditetapkan sebagai “agen asing”.

Film dan Teater

Perpecahan juga terjadi di antara bintang film dan teater.Nikita Mikhalkov adalah salah satu aktor dan sutradara film paling terkenal di Rusia. Salah satu puncak karirnya adalah drama peraih Oscar Burnt By The Sun (1994), yang ia sutradarai dan bintangi. Film ini bercerita tentang kehidupan yang hancur akibat teror di Uni Soviet di bawah pemimpin Soviet Stalin.

Pandangan Mikhalkov juga sangat dekat dengan ideologi resmi Kremlin: dia adalah seorang konservatif religius, dan dia mendukung pandangan ekstrim anti-Barat. Dia membagikan teori konspirasi ini dalam acara TV-nya Besogon (Pengusir setan), yang ditayangkan di televisi pemerintah dan disebut-sebut melibatkan Presiden Putin di antara pemirsanya.

Mikhalkov adalah pendukung setia Vladimir Putin.Pada tahun 2007, ia ikut menulis surat terbuka yang meminta Presiden Rusia untuk mencari masa jabatan presiden ketiga yang melanggar konstitusi. Pada tahun yang sama, Mikhalkov membuat film untuk merayakan ulang tahun ke-55 Putin, yang ditayangkan pada hari itu oleh TV pemerintah.

Sutradara film tersebut telah memimpin Persatuan Pembuat Film Rusia sejak 1997, dan dia telah menerima banyak penghargaan dan pendanaan dari negara, termasuk penghargaan Kementerian Pertahanan untuk “mengembangkan budaya dan seni Tanah Air”, dan pendanaan negara sebesar $2 juta untuk sebuah sekuel. untuk Dibakar Oleh Matahari. Dia telah mendukung perang Rusia di Ukraina pada tahun 2022, menirukan retorika presiden bahwa Ukraina diperintah oleh “rezim Nazi” dan bahwa bahasa Ukraina itu sendiri adalah manifestasi kebencian terhadap Rusia.

Beberapa bulan setelah invasi dimulai, Vladimir Putin menganugerahi Mikhalkov gelar “Pahlawan Buruh” pada sebuah upacara di Kremlin. Berterima kasih kepada presiden, pembuat film merujuk pada pertempuran di Ukraina dan mengatakan bahwa “Rusia baru” sedang ditempa di sana. Untuk perannya dalam menyebarkan “narasi propaganda Kremlin”, Mikhalkov telah dikenai sanksi oleh Uni Eropa.

Aktris Liya Akhedzhakova memiliki pandangan politik yang sangat berbeda, dan kariernya mengikuti lintasan yang berbeda. Dia menjadi terkenal pada tahun 1970-an berkat perannya dalam film-film Soviet yang sangat populer seperti The Irony of Fate dan Office Romance, serta berbagai pertunjukan di Sovremennik, salah satu teater terbaik Moskow. Sejak pecahnya Uni Soviet, aktris mungil ini tidak pernah segan-segan mempublikasikan pandangan politiknya, dan sering mengkritik keras kebijakan pemerintah.

Pada rapat umum di Moskow pada 2014, dia memuji apa yang disebut Euromaidan – protes di Kyiv yang berujung pada penggulingan Presiden pro-Rusia Viktor Yanukovych dan invasi awal Rusia ke Ukraina.Protes Euromaidan

Ada tepuk tangan dan sorakan dukungan saat Akhedzhakova mendesak massa untuk menghormati para demonstran pro-demokrasi yang tewas di ibu kota Ukraina.

Pada saat Presiden Putin meluncurkan invasi besar-besaran ke Ukraina delapan tahun kemudian, aksi unjuk rasa seperti ini tidak terbayangkan di Rusia. Berbicara pada hari invasi ke Dozhd TV independen, Akhedzhakova mendesak sesama artis dan selebritas untuk menentangnya.

“Saya menyerukan kepada semua orang dari budaya – waktunya telah tiba untuk berbicara. Kita harus berbicara. Kita tidak akan mendapat kesempatan lagi. Perang sedang terjadi, dan ada begitu banyak kebohongan, seluruh lautan kebohongan. kebohongan,” katanya.

Kurang dari seminggu kemudian, Dozhd terpaksa pindah ke luar negeri karena pengetatan sensor dan kekhawatiran akan kesejahteraan stafnya.

Setahun kemudian, Akhedzhakova kehilangan peran terakhirnya di Sovremennik setelah 45 tahun bekerja di teater. Menurut sang aktris, direktur teater yang baru diangkat mengatakan kepadanya bahwa teater itu telah “dibanjiri” dengan surat-surat yang mengkritiknya – sebuah praktik yang mengingatkan pada kampanye penganiayaan yang diatur oleh negara di Uni Soviet.

Dalam gema Stalinisme lainnya, seorang aktivis pro-pemerintah baru-baru ini meminta jaksa untuk memeriksa apakah aktris itu bersalah atas pengkhianatan. [BBC/TVP]

 

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *