July 14, 2024

Rakyat AS Ragu dengan Usia Joe Biden untuk Jadi Presiden Lagi

0

Joe Biden dan istrinya Jill Biden.

Colorado, Topvoxpopuli.com – Mayoritas rakyat Amerika Serikat (AS) mengkuatirkan usia Joe Biden untuk kembali mencalonkan diri sebagai Presiden AS yang akan datang. Demikian hasil jajak pendapat baru-baru ini di AS.

Joe Biden kini berusia 80 tahun akan berusia 82 tahun pada awal masa jabatan kedua jika dia menang. Jajak pendapat ini kembali diangkat tidak lama setelah Presiden AS Joe Biden tersandung dan jatuh saat membagikan ijazah pada upacara wisuda Akademi Angkatan Udara AS di Colorado, Kamis (1/6/2023).

Saat jatuh, Biden, yang merupakan presiden tertua di negara itu yang berusia 80 tahun, dibantu untuk berdiri kembali dan tampaknya tidak terluka. Presiden telah berdiri sekitar satu setengah jam untuk berjabat tangan dengan masing-masing dari 921 taruna yang lulus. Direktur komunikasi Gedung Putih mengatakan sebelumnya, Biden baik-baik saja.

“Ada karung pasir di atas panggung saat dia berjabat tangan,” tulis Ben LaBolt di Twitter setelah jatuh pada Kamis. “Saya mendapat karung pasir,” canda presiden yang tersenyum kepada wartawan saat dia tiba kembali di Gedung Putih malam itu. Sebuah laporan pers Gedung Putih sebelumnya mengatakan bahwa Biden tersandung karung pasir hitam saat bergerak di atas panggung.

Rekaman insiden tersebut menunjukkan bahwa Biden tampak menunjuk ke salah satu dari dua karung pasir yang digunakan untuk menopang teleprompternya saat dia dibantu oleh seorang pejabat Angkatan Udara dan dua anggota dinas rahasianya. Dia terlihat berjalan kembali ke tempat duduknya tanpa bantuan dan kemudian berlari kembali ke iring-iringan mobilnya saat upacara berakhir tak lama setelah kecelakaan itu.

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan Biden merasa benar-benar baik-baik saja dan naik ke pesawat dengan senyum lebar. Biden sudah beberapa kali jatuh. Musim gugur ini, selain tersandung sebelumnya dari sepedanya dan saat menaiki tangga Air Force One, dapat menambah kekhawatiran tersebut.

Pemeriksaan fisik terakhir Mr Biden dilakukan pada bulan Februari 2023.  Dokter Gedung Putih Dr Kevin O’Connor menulis pada saat itu: “Presiden tetap fit untuk bertugas, dan sepenuhnya melaksanakan semua tanggung jawabnya tanpa pengecualian atau akomodasi apa pun.”

Dr O’Connor menambahkan bahwa  Biden berjalan dengan “gaya berjalan kaku”, sebagian besar disebabkan oleh keausan pada tulang belakang dan kerusakan saraf di kakinya, tetapi kondisinya tidak berubah dari kondisi fisik sebelumnya pada November 2021.

Tuan Biden bukanlah panglima tertinggi pertama yang kehilangan pijakannya di depan kamera.  Presiden Barack Obama tersandung saat menaiki tangga pada acara tahun 2012, sementara Presiden Gerald Ford jatuh dari tangga Air Force One pada tahun 1975.

Mantan Presiden Donald Trump, kandidat Partai Republik untuk menghadapi Tuan Biden dalam pemilihan Gedung Putih 2024, bereaksi terhadap insiden tersebut dari acara kampanye di Iowa, dengan mengatakan “semuanya gila”. “Saya harap dia tidak terluka,” kata Trump, 76, yang sering mengolok-olok usia Biden. “Itu tidak menginspirasi,” kata dia. [BBC.com/EH]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *