June 13, 2024

Moeldoko Apresiasi Keberhasilan Indonesia Sebagai Juara Umum WSA 2023

0

Bekasi, Topvoxpopul.com – Kepala Staf Presiden (KSP), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengapresi keberhasilan Indonesia menjadi Juara Umum 13th WorldSkills ASEAN (WSA) tahun 2023 di Singapura. Apresiasi ini disampaikannya saat bertemu dengan para kompetitor (delegasi) dan para expert WSA di Bekasi, Selasa (15/8/2023).

Menurut Moeldoko, keberhasilan Indonesia ini akan memberikan trust di dunia internasional bahwa SDM Indonesia benar-benar kompeten dan berdaya saing.  “Dengan kemenangan ini dunia internasional akan semakin mengakui bahwa pekerja indonesia itu hebat. Karena yang dipertandingkan sesuatu yang bersifat update dan modern,” kata Moeldoko.

Atas keberhasilan ini, Moeldoko juga berpandangan bahwa kesempatan kerja bagi SDM Indonesia di luar negeri akan semakin terbuka, khususnya pada sektor dengan keterampilan tertentu.

“Tradisi kemenangan ini supaya terus dijaga dan dikembangkan lagi karena mungkin area pertandingannnya, area kompetisinya semakin luas tetapi kita selalu hadir dengan kemenangan dengan setiap jenis yang dikompetisikan,” ujarnya.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menambahkan, keberhasilan Indonesia menjadi Juara Umum WSA terasa spesial karena Indonesia berhasil meraih prestasi tersebut di negeri orang, yakni Singapura.

Pada ajang ke-13 kompetisi keterampilan tingkat ASEAN tersebut, sebanyak 27 medali berhasil diraih kompetitor Indonesia, terdiri dari 14 medali emas, 8 medali perak, 3 medali perunggu dan 2 medallion of excellence (diploma).

“Keberhasilan Indonesia menjadi Juara Umum ini selain menunjukkan bahwa pembangunan SDM sudah berada di jalur yang benar, juga menunjukkan bahwa SDM Indonesia tidak kalah saing dibandingkan dengan negara-negara lain, khususnya di ASEAN,” ujarnya. [TVP]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *