July 22, 2024

Relawan Ganjar Untuk Semua Kolaborasi dengan GMTI Beri Layanan Kesehatan Gratis

0

Tangerang, Topvoxpopuli.com – Relawan Ganjar Untuk Semua bekerja sama dengan Yayasan Ceng It Thian Kun Bio, Generasi Muda Tao Indonesia (GMTI) dan Rumah Sakit Melati mengadakan kegiatan Bakti Sosial bagi puluhan warga tidak mampu di Yayasan Ceng It Thian Kun Bio, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Rabu (30/8/2023).

Adapun berbagai macam bakti sosial yang dilakukan seperti pengecekan/pengobatan katarak, pengecekan gula darah dan general check up yang dilakukan kepada warga yang di dominasi oleh para lansia tersebut.

“Dalam rangka masukan dari beberapa masyarakat terkait dengan keluhan penyakit yang dirasakan masyarakat sekitar, jadi makannya mengapa kita adakan kegiatan bakti sosial berkaitan dengan pengobatan gratis dan katarak,” ujar Ketua Ganjar Untuk Semua Faik Fachroni.

Faik menyebut kegiatan tersebut menyasar berbagai macam kalangan. Sebab, selama ini Faik prihatin dengan kondisi kesehatan khususnya yang berkaitan dengan penderita diabetes dan katarak di Indonesia.

“Sebetulnya kami mengundang masyarakat umum semuanya, tidak hanya lansia. Tapi memang kebanyakan dari penyakit tersebut di derita oleh lansia, gula darah dan katarak. Kenapa kami tergerak, lantaran prihatin dengan kondisi kesehatan yang menyangkut dengan jumlah penderita katarak dan gula darah di Indonesia,” lanjut Faik.

Menurut Data International Diabetes Federation (IDF) mendapati bahwa jumlah penderita diabetes pada 2021 di Indonesia meningkat pesat dalam sepuluh tahun terakhir. Jumlah tersebut diperkirakan dapat mencapai 28,57 juta pada 2045 atau lebih besar 47% dibandingkan dengan jumlah 19,47 juta pada 2021.

Sementara, Berdasarkan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) rata-tata angka kebutaan di Indonesia sebanyak 3% untuk penduduk di atas usia 50 tahun.

Sehingga, komitmen dalam mengurangi angka penderita penyakit tersebut perlu ditingkatkan dengan berbagai pihak dan kalangan guna mendukung cita-cita Indonesia sehat di masa depan.

Selain itu, dari kegiatan tersebut, Faik mengaku menuai tanggapan positif dari berbagai kalangan masyarakat. Bahkan, banyak masyarakat yang mengusulkan untuk diadakan kegiatan tersebut secara berkelanjutan agar masyarakat bisa memantau kondisinya secara berkala.

“Responsnya cukup bagus, bahkan beberapa atensi dari masyarakat minta kegiatan ini rutin dilaksanakan, makannya kita upayakan untuk mengadakan kegiatan lanjutannya dan bekerja sama dengan rumah sakit,” lanjut Faik.

Baik berharap kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga keberadaan Relawan Ganjar Untuk Semua bisa mencapai tujuan, yakni memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu, sesuai dengan mandat dari Ganjar Pranowo dalam menggandeng masyarakat dari berbagai macam komunitas dan golongan.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan yang bekerja sama dengan Gerakan Pemuda Tao Indonesia bahwa cita-cita kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan cita-cita Pak Ganjar berkaitan sinergi antar komunitas dan golongan masyarakat bisa tercapai, sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat dari kegiatan yang diadakan,” ucapnya.

Sementara Dewan Pembina Generasi Muda Tao Indonesia sekaligus Pendiri Yayasan Ceng It Thian Kun Bio, Jony Tan merespon baik kegiatan yang diadakan oleh Generasi Muda Tao Indonesia yang berhasil bekerja sama dengan Ganjar Untuk Semua dan Rumah Sakit Melati.

“Saya sangat merespon baik ya, terutama kepada para pemuda dari Generasi Muda Tao Indonesia yang berhasil menggandeng Rumah Sakit Melati dan Relawan Ganjar Untuk Semua sehingga acara bakti sosial pengecekkan kesehatan ini bisa terlaksana,” kata pria yang akrab disapa Suhu Jony.

Selanjutnya, sinergi tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan pemberian kaca mata gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.  “Setelah ini juga akan ada kegiatan lanjutan dengan memberikan bantuan kaca mata gratis dan kita menyasar semua jenis bantuan ya, kemarin juga memberikan bantuan sembako dan selama kita masih bisa berbuat baik kegiatan apapun kita bantu dorong,” ungkap Suhu Jony.

“Semoga bisa lebih banyak lagi dan lebih panjang lagi dalam mengadakan kegiatan bakti sosial seperti ini,” lanjutnya.

Disinggung soal Ganjar Pranowo, Jony mengaku belum mengenal akrab dengan Ganjar Pranowo, namun dirinya mengikuti kiprahnya dan mengetahui sosok Ganjar yang merakyat dan peduli terhadap masyarakat.

Dirinya berharap Ganjar bisa melanjutkan kinerja positif yang dicatatkan oleh pemerintahan saat ini dan memperbaiki kinerja yang dirasa belum optimal.  “Pak Ganjar sosok yang baik dan merakyat yang pasti. Semoga beliau bisa melanjutkan dan memperbaiki kinerja yang dirasa belum optimal saat ini apabila menjadi Presiden 2024,” pungkas Suhu Jony. [SP]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *