June 13, 2024

Tim Relawan Cakra 19 Serap Aspirasi Masyarakat Pedalaman

0

Tim Relawan Cakra 19 sedang sosialisasi Pemilu 2019 di Desa Dabong, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, baru-baru ini.

[PONTIANAk] Tim relawan Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Cakra 19 mengadakan sosialisasi Pemilu dan menyerap aspirasi masyarakat di pedalaman dan pesisir di wilayah Desa Dabong, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) Minggu (9/12).

Tim Relawan Cakra 19 sedang sosialisasi Pemilu 2019 di Desa Dabong, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, baru-baru ini.

Masyaraat di pedalaman dan pesisir mengharapkan agar Pemilu berjalan dengan aman dan damai serta perekonomian masyarakat di pedalaman dapat diperhatiakan pemerintah.

Hal itu dikatakan Ketua Cakra 19 Brigjen TNI (Purn) A Sultan Kadir bersama Wakil Ketua Cakra 19 Amrin Arupalaka kepada wartawan usai mengadakan sosiasilasi Pemilu dan pasangan Capres/Cawapres Jokowi-Ma’ruf di Desa Dabong, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya pada Minggu (9/12).

Ia mengatakan, pada umumnya masyarakat menginginkan pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman dan damai. Sehingga pelaksanaan pembangunan di seluruh wilayah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan masyarakat.

Pihaknya dalam melaksanakan sosialisasi ini sekaligus menyerap aspirasi masyarakat yang berada jauh di pedalaman. Aspirasi itu nantinya akan disampaikan kepada pemerintah.

Pada umumnya masyarakat sekarang ini mengeluhkan harga hasil panen warga yang sangat rendah. Seperti sawit atau tanda buah segar (TBS), kepala, kopra dan juga karet serta sumber hasil sumber daya alam lainnya.

Rendahnya harga ini sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat dan juga daya beli masyarakat. Namun sebaliknya jika harga hasil panen masyarakat ini meningkat maka ekonomi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat juga ikut meningkat.

Seperti diketahui mata pencaharian masyarakat di Desa Dabong sebagain besar adalah nelayan dan petani kebun sawit serta kebun kelapa. Khusus untuk nelayan pendapatan mereka tidak stabil, karena tergantung pada cuaca dan kekuatan permodalan untuk melaut.

Selain itu, masyarakat juga sangat mengharapkan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur hingga ke daerah pedalaman. Sehingga hasil panen masyarakat dapat dengan cepat dibawa ke pasar atau ke kota.

Sudirman (51) warga Desa Dabong mengatakan, seluruh warga masyarakat mengeluhkan rendahnya harga TBS, kopra dan juga kelapa. Selain itu juga warga mengharapkan pembangunan jalan hingga ke pedesaan.

Ia mengatakan, sekarang ini harga TBS sangat rendah sedalah selama ini warga sudah menggantungkan hidupnya kepada hasil panen sawit. Demikian juga harga kopra dan harga hasil panen lainnya juga sangat rendah.

Rendahnya harga ini mengakibatkan perekonomian warga di daerah pedalaman menjadi sangat terpuruk. Sebab selama ini masyarakat menggantungkan hidupnya kepada hasil panen sawit dan juga kopra dan sebagian kepada hasil melaut.

Pihaknya mengharapkan agar agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan mana dan lancar. “Sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan perekonomian masyarakat meningkat,” kata dia.[SOS]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *