July 14, 2024

AKBP Donny Charles GO Jabat Kabid Humas Polda Kalbar

0

Pontianak, Topvoxpopuli.com – Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi haryono melantik AKBP Donny Charle Go sebagai Kabid Humas Polda kalbar menggantikan Kombes Pol Nanang Purnomo yang pindah ke Pusdokkes Mabes Polri. Upacara sertijab yang dilaksanakan di Aula Rupatama Polda Kaimantan Barat pejabat teras Polda kalbar pada Selasa (26/3/2019).

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Drs Didi Haryono, SH MH mengatakan, mutasi personel dan jabatan merupakan mekanisme organisasi untuk memberdayakan potensi sumber daya manusia yang dimiliki serta untuk menjaga regenerasi dengan tujuan meningkatnya kualitas kinerja organisasi. Mutasi personel yang bersifat promosi seperti yang saat ini di laksanakan, bertujuan memberikan penghargaan bagi personel atas prestasi yang telah dicapai serta merupakan bagian dari pembinaan karir.

Jabatan Kabidhumas dan Kabidkum Polda Kalbar merupakan jabatan di lingkungan Polda dengan karakteristik ruang lingkup tugas dan beban kinerja yang khas. Peran penting Kabidhumas adalah menyelenggarakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) di tingkat Polda, mengelola informasi, penyajian data, dokumentasi yang dapat diakses masyarakat, melaksanakan kerja sama, dan melaksanakan anev kegiatan tugas Bidhumas.

Ia menambahkan, Kapolri telah mengamanatkan untuk merebut kepercayaan masyarakat terhadap Polri dimana telah dilakukan beberapa langkah. Yaitu pertama melakukan reformasi kultural, kedua mereformasi kinerja, serta yang ketiga, melakukan pengelolaan media atau media management.

Secara khusus kepada Bidhumas Polda kalbar bahwa media “management urgent “ untuk dilaksanakan, mengingat di era demokrasi, media sudah menjadi pilar utama. Kepercayaan publik terhadap Polri cenderung menurun karena sebelumnya kita lemah dalam mengelola media.

Berita-berita negatif yang memojokkan polri tidak bisa kita imbangi dengan ekspos keberhasilan kinerja polri. Terlebih di jaman media sosial, semua orang yang memiliki akses internet dan memiliki akun media sosial, akan sangat mudah melontarkan opini dan bahkan menyiarkan berita hoax tanpa dibarengi dengan kesadaran dampak apa yang ditimbulkan dari postingannya.

Untuk itu diharapkan kepada Kabidhumas yang baru untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik bagi para pengemban fungsi humas baik di tingkat satker Polda maupun di seluruh polres jajaran. Selain itu agar segera menyesuaikan diri dengan dinamika operasi dan pembinaan personel di Polda Kalbar.

Terlebih saat ini kita sedang memasuki agenda nasional pemilu 2019, sebagai elemen pendukung utama dalam menjamin kualitas kinerja personel Polda Kabar agar tetap profesional, proporsional, dan prosedural, serta sebagai perisai hukum personel Polda Kalbar yang tengah melaksanakan tugas di lapangan. [Sahat Oloan Saragih]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *