April 16, 2024

Peringati Harkonas, Puluhan Perusahaan Ikuti Bazar di Ruteng

0

Toyota Rush SM/T TRD yang dibandrol dengan harga 286.600.000 dalam Bazar di Ruteng, Jumat (18/5/2019) dan dibeli cash oleh salah seorang pengunjung yang berasal dari Kabupaten Manggarai Timur. ( Foto: TVP / Willy Grasias]

Ruteng, Topvoxpopuli.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Perdagangannya melaksanakan Bazar di Lapangan Motang Rua Ruteng, pada tanggal 17 – 18 Mei 2019. Bazar yang diikuti oleh sekitar 20 perusahaan kecil, menengah dan besar itu itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas).

Perdagangan Kabupaten Manggarai Venansius Burhan, di Ruteng, Minggu (19/5/2019) mengatakan, pihak memperingati Harkonas dengan menggelar Bazar seperti itu bertujuan untuk melindungi konsumen.

Ia mengatakan, pemerintah sejak dulu selalu melindungi konsumen, hingga akhirnya terbit Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan berdirinya Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN). “Perlindungan kosumen ini setiap tahun dilaksanakan Harkonas,” kata dia.

Pantauan Topvoxpopuli.com, bazar itu diikuti KUMKM di tingkat Kabupaten Manggarai dan Provinsi Nusa Tenggara Timur, perusahaan-perusahaan otomotif nasional, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti Bank NTT, BUMN, dan sebagainya. KUMKM lebih banyak yang bergerak dalam bidang kuliner.

Pada hari kedua Bazar itu sebuah mobil Toyota Rush SM/T TRD yang dibandrol dengan harga 286.600.000 dan dibeli cash oleh salah seorang pengunjung yang berasal dari Kabupaten Manggarai Timur.

Venansius Burhan, mengatakan, ia selaku Kepala Kepala Dinas Perdagangan ýang menggerakan peringatan Hakornas tingkat Manggarai sungguh bersyukur, sebab setiap hari selalu saja ada transaksi di arena ini, ini berarti tujuan kami tercapai, karena sudah berhasil mempertemukan pelaku usaha dengan konsumen.

Venan Burhan juga menyampaikan, omzet bazar murah dua hari itu mencapai angka Rp 800 juta. Terbanyak, kata dia, hasil penjualan mobil dan sepeda motor disusul penjualan holtikultura Rp 120 juta rupiah kemudian sisanya kuliner serta Bulog yang menjual beras murah, gula, bawang putih, bawang merah.

Menurut Venan Burhan, yang juga menarik perhatian masyatakat pada kegiatan yang dilaksanakan di depan Kantor Bupati Manggarai itu adalah rangking I Primagama yaitu ajang lomba ketangkasan antara siswa pada setiap jenjang pendikan dasar, tujuannya agar siswa/i bisa mengeksplorasi pengetahuan akademis dan pengetahuan umum dalam konteks yang kompetisi.

Terkait dengan peserta, Yustinus Mahu, Direktur Manggarai Multi Investasi (MMI), yang juga bergerak dalam bidang pendidikan nonformal menyampaikan, target siswa/I 4SD-6SD, SMP, dengan pertimbangan bahwa mereka sudah memiliki pengetahuan yang lebih luas, kreatif, dan imajinatif, juga membuka peluang prestasi bagi siswa/i untuk menuju jenjang dunia pendidikan yang lebih tinggi dengan penuh percaya diri.

Selain itu, lanjut dia, event ini diharapkan juga membuka peluang penemuan pendekatan baru bagi orang tua dalam mendampingi proses belajar anak-anak mereka, selain sebagai sarana rekreasi edukatif. Sekarang ini, Lembaga Pendidikan sebagai produsen dan orang tua dan murid adalah konsumen ” lanjutnya.

Secara teknis Rangking I Primagama ini peserta di setiap kategori akan diseleksi melalui berbagai jenis pertanyaan akademis dan pengetahuan umum, untuk kemudian nantinya mengerucut menjadi dua peserta di setiap kategori.

Pada babak semifinal 1 peserta yang berpeluang menjadi juara 1 dari setiap kategori di babak final ada (babak bonus). Peserta yang memperoleh rangking 1 akan mendapat hadiah tiga juta rupiah berupa tabungan dan kursus gratis selama tiga tahun di Primagama. [TVP/Willy Grasias]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *