March 5, 2024

Puluhan Ribu Petani Kratom Resah Akibat Aturan yang Tidak Jelas

0

Bupati Kabupaten Kapuashulu M Nasir .

Pontianak, Topvoxpopuli.com – Hingga saat ini puluhan ribu petani kratom di Kabupaten Kapuashulu merasa resah dan kebingungan. Hal itu terjadi karena aturan yang mengatur peredaran tanaman keratom tidak jelas, karena ada yang memperbolehkan dan ada juga yang melarang dengan menyatakan bahwa kratom sama dengan narkoba.

Hal itu dikatakan Bupati Kabupaten Kapuashulu M Nasir kepada wartawan Selasa (5/10/2019) usai rapat masalah tanaman Kratom bersama dengan BNN.

Ia mengatakan, sekarang ini masyarakat petani kratom di Kabupten Kapuashulu dan Pemkab Kapuashulu merasa bingung dan resah. Disatu sisi tanaman kratom ini sangat menjanjikan bagi para petani karena harganya cukup baik dan tinggi.

Namun disisi lain, peraturan yang mengatur perdagangan atau peredaran kratom ini tidak jelas. Dikatakan demikian karena ada yang memperbolehkan dan selama ini perdagangannya sudah berjalan namun dengan alasan tidak ada aturan yang jelas melarang peredaran keratom.

Sementara disisi lain ada lembaga yang melarang peredaran khususnya eksport kratom. Hal itu dilakukan karena tanaman kratom indentik atau sama dengan narkoba.

Dikatakan demikian karena ada instansi yang menyatakan bahwa tumbuhan kratom termasuk dalam kategori narkoba golongan satu. Namun di pihak lain, dikatakan bahwa tumbuhan kratom ini termasuk kategori kopi kopian dan tidak termasuk dalam kategori narkoba

Seperti diketahui sekarang ini masih dalam waktu transisi pembahasan hingga lima tahun ke depan. Jadi masyarakat bingung tentang keputusan tumbuhan kratom hingga lima tahun ke depan masa transisi ini.

Jika lima tahun kedepan diputuskan tanaman kratom termasuk kategori narkoba dan tidak boleh beredar bebas maka masyarakat dirugikan. Sebab sekarang ini ada sekitar sepuluh ribu warga yang menjadi petani kratom dengan luasan lahan mencapai ribuan hektar.

Seperti diimformasikan bahwa selama masa transisi ini akan dicari tanaman pengganti, namun hal itu sangat sulit dilakukan. Sebab kemungkinan besar tanaman kratom merupakan tanaman yang sangat cocok di daerah Kabupaten Kapuashulu yaitu tanaman yang tahan air.

Ia menambahkan, pada awalnya masyarakat mengambil tanaman kratom ini di tengah hutan yang sulit dan kurang diminati. Namun akhir akhir ini pasarnya cukup baik yaitu eksport ke Amerika dan harganya cukup baik.

Karena semua masyarakat mengetahui harganya bagus dan pasarnya juga cukup besar baru mulai diributkan. Sekarang ini ada kelonggaran dan dapat dimanfaatkan dan jika dilarang apap boleh buat.

Jika tanaman kratom dilarang maka masyarakat diminta berpikir manfaatnya apakah lebih banyak manfaatkannya atau tidak baiknya. Jika memang lebih banyak yang tidak baiknya atau negatifnya maka masyarakat tidak usah menanam.[TVP/Sahat Oloan Saragih]

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *