July 14, 2024

Polisi Kawal Pengiriman Dua Kontainer Surat Suara ke Sambas

0

Pontianak, Topvoxpopuli.com – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen Pol Polisi Didi Haryono menegaskan,  jajaran Polri  akan melaksanakan pengamanan untuk semua proses pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satunya yaitu pendistribusian  atau pengiriman surat suara dari KPU Provinsi hingga ke kabupaten, kecamatan hingga ke tempat pemungutan suara (TPS).

Hal  itu di sampaikan Didi Haryono saat melepas pendistribusiaan  atau pengiriman dua kontainer surat suara  pemilu serentak 2019  untuk KPU Kabupaten Sambas Jumat (15/2) di dermaga 09 pelabuhan laut Dwikora Pontianak.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono.

Ia mengatakan,  pihaknya tetap berkomitmen  untuk menjaga keamanan, yaitu untuk memberikan rasa aman bagi rakyat. Selanjutnya jajaran KPU, Bawaslu, TNI dan Polri sepakat untuk melakukan pengawalan dan pengamanan di segala aspek dalam proses pelaksnaaan Pemilu 2019.

Surat suara ini adalah dokumen negara, tentunya harus kita amankan mulai dari titik kedatangan  saat keberangkatan atau pengiriman hingga ke tempat tujuan.  Proses di perjalan harus dijamin tetapo aman sampai tujuan dan pengiriman surat suara ini harus tepat waktu dan sampai di tujuan juga tepat waktu.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar  Ramdan mengatakan,  pengiriman surat  ini merupakan pengiriman yang pertama  yaitu untuk Kabupaten Sambas  yang berjumlah 2.195.593. Yaitu  terdiri dari 3.737 kotak  yang meliputi lima jenis surat suara mulai dari Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang ada di dapil Kabupaten Sambas.

Ia mengatakan, setelah dikirim, nantinya akan  diamankan dulu, dimasukan digudang. Selanjutnya dilakukan tahapan proses sortir dan lipat surat suara yang  sesuai dengan petunjuk teknis dari KPU RI. Kondisi  Pengiriman ke dua masih menunggu dari pihak perusahaan yang akan dikirim pertanggal 18 Februari  yaitu untuk Kota Singkawang dan bengkayang.

Dalam setiap proses pengiriman logistik Pemilu ini, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan aparat keamanan dan dinas instansi terkait. Sehingga diharapkan prosesnya dapat berjalan aman dan sampai ditujuan susiai dengan jadwal yang sudah di tetapkan. [TVP/Sahat Oloan Saragih]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *