April 21, 2024

Orang Katolik Harus Ikut Kelola Bangsa dan Negara

0

Ruteng, Topvoxpopuli.com – Sasaran Vox Point Indonesia ke depan adalah menempatkan kader Katolik untuk ikut berperan dalam tata kelola bangsa dan negara Indonesia khusus di bidang legislatif. “Kita tempatkan kader Katolik di legislatif dan diharapkan menjadi garam dan terang,”  kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Vox Point Indonesia Yohanes Handoyo yang disampaikan  Sekjen I Vox Point Indonesia, Erwasnus Ridwan Tou.

Erwasnus Ridwan Tou mengatakan itu dalam acara pelantikan Pengurus Fox Point Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur di Ruteng, Manggarai, Sabtu (23/2/2019). Para pengurus itu dilantik oleh Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr Silvester San, PR.

Erwasnus Ridwan Tou, mengatakan,  beberapa kategori perjuangan Vox Point Indonesia, yakni, pertama,  Vox Point, sebagai lembaga kader, yakni wajib menyelenggarakan pendidikan politik untuk menjadikan orang muda katolik yang tertarik   sosial politik.

Kedua, Vox Point sebagai lembaga edukasi, yakni bertugas memberikan pemahaman kepada umat Katolik tentang keharusan untuk terlibat langsung dalam dunia sosial politik.

Politik bukan sesuatu yang kotor tetapi sesuatu yang luhur karena lewat kegiatan politik perjuangan mencapai kesejahteraan bersama terwujud.

Ketiga, Vox Point sebagai Lembaga kajian, dapat memberikan ulasan hasil kajian terhadap sebuah peristiwa politik yang terjadi, dalam bentuk analisa penelitan, survei yang dapat digunakan dalam memberi pertimbangan, atas sesuatu peristiwa yang terjadi.

Sementara Uskup Silvester San dalam sambutannya berharap  berharap agar

Vox Point Indonesia menjadi kerasulan awam yang murni di bidang sosial politik dan kemasyarakatan dan terbuka untuk semua. Selain itu, jangan sampai dipengaruhi oleh motivasi pribadi, yang terkadang justru menyebabkan terjadinya perpecahan. [TVP/Willy Grasias]

Adapun pengurus inti Vox Poin Manggarai yakni:

  1. Moderator RD.Maxi Regus
  2. Ketua Erlan Yusran
  3. Wakil Wakil Ketua Marsel R.Payong, Tarsi Hurmali,  Kosmas Takung, Ardi Empang, dan Nardy Serang, Domi Waso.
  4. Sekjen Mantovanny Tapung.
  5. Wakil Sekjen Evarista G. Taranipa
  6. Bendahara Tarsi Budiman
  7. Wakil Bendahara Frans Ade Stiawan, Hendrik Ongkor.
  8. Sekretariat Bona Onggot, Petrus R,Jaya, Gabriel F.Daar, Teo Ndorang, Marianus S.Jehalut.
  9. Pengawas : Pius Kandar, Antony B.Dagur, Kristian Rotok, Kamelus Deno.
  10. Dewan Penasihat Ketua Kamelus Deno, Wakil Viktor Madur, Sekretaris Willy Grasias, anggota Agus Ampur, Adol Gabur, Bernadus Nasur.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *