July 14, 2024

Ganjaran Buruh Adakan Sunatan Massal Untuk Anak Keluarga Buruh di Bandung Barat

0

Bandung, Topvoxpopuli.com – Episentrum sukarelawan Ganjar Pranowo, Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mengadakan agenda ‘Sunatan Massal Untuk Anak Keluarga Buruh’ di Desa Togagapu, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (8/7/2023).

“Beberapa waktu yang lalu kami datang ke Tagogapu, kami berdiskusi, ada kebutuhan untuk mengadakan sunatan massal karena ada beberapa anak buruh di desa Tagogapu yang membutuhkan bakti sosial tersebut,” kata Wakil Sekretaris Jenderal GBB Pribadi Utomo saat ditemui di lokasi.

Setidaknya, ada 22 anak dari keluarga buruh yang ikut berpartisipasi mengikuti agenda sunatan massal tersebut. “Lumayan banget tadi yang mengantar satu anak bisa sampai 3 atau 4 orang keluarga yang mendampingi,” lanjut Utomo.

Sebelumnya, Utomo sudah melakukan survey dan pemetaan masyarakat di Kabupaten Bandung Barat, khususnya Desa Tagogapu. Menurutnya, ada ribuan masyarakat pemilih yang berpotensi untuk dipelihara dan diadakan program pemberdayaan di wilayah tersebut.

“Ada 8.000 pemilih dan 24 RW di sini, selanjutnya kami berdiskusi dan membuat suatu komitmen dengan melakukan pendataan dan sosialisasi kepada masyarakat. Nantinya, kami akan kukuhkan struktur di tingkat RW sebagai langkah dan strategi pemenangan,” kata Utomo.

GBB sudah mempersiapkan berbagai macam program pemberdayaan yang memberikan manfaat sosial maupun ekonomi dalam membantu warga sekitar.

“Selain sunatan massal hari ini, sebelumnya kami sudah memberikan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan reproduksi untuk wanita. Setelah ini ada senam masal dan gerakan pendampingan sosial lainnya. Seluruh stakeholder juga sudah dikomunikasikan dan siap membantu, seperti pak lurah dan tokoh masyarakat lainnya,” pungkas Utomo.

Ketua RW sekaligus Koordinator Lapangan setempat Oman mengaku langkah yang dilakukan GBB sudah tepat dalam menyasar target di kalangan buruh.

Pasalnya, wilayah kecamatan Padalarang sendiri di dominasi oleh kawasan industri yang banyak karyawan atau buruh pabrik bekerja di sekitar wilayahnya. “Desa kami banyak sekali buruh pabrik karena sangat dekat dengan kawasan industri, kami berharap ini jadi momen perekat dan GBB bisa membuat program di desa kami,” kata Oman.

Oman merespons baik agenda sunatan massal tersebut karena dinilai sudah memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang ingin mengkhitankan anaknya saat momen libur sekolah.  “Saya sangat berterimakasih dengan adanya bakti sosial dari GBB yang sangat membantu dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat di wilayah kami,” kata Oman.

Ke depan Oman sudah mempersiapkan berbagai agenda seperti senam kesehatan bagi keluarga buruh yang sekaligus memberikan manfaat dalam meningkatkan produktifitas masyarakat.  “Rencana tanggal 16 ada senam bareng dalam rangka meningkatkan kesadaran olahraga di lingkungan masyarakat kami yang selalu antusias atas kehadiran GBB karena baru kali ini ada relawan dari Capres yang langsung turun di masyarakat kami,” ujar Oman. [TVP]

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *