Sekjen PBB  Minta Negara Donor Tetap Bantu Palestina

0

Layanan bantuan UNRWA membantu sekitar dua pertiga dari 2,3 juta penduduk Gaza 

JERUSALEM, TVP – Sekjen PBB António Guterres meminta negara-negara yang menghentikan pendanaan untuk badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA, untuk melanjutkan operasinya.  “Kebutuhan mendesak dari masyarakat yang putus asa yang mereka layani harus dipenuhi,” kata Guterres.

Sembilan negara, termasuk Inggris, telah mengambil tindakan sejak Israel mengatakan kepada UNRWA bahwa beberapa staf terlibat dalam serangan mematikan Hamas terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober 2023. Badan tersebut mengatakan sedang menyelidiki dan telah memecat beberapa karyawan.

Baca Juga: Israel bom RS Indonesia Jelang Jeda Kemanusiaan di Gaza

Negara-negara yang kini menangguhkan pendanaan UNRWA adalah Australia, Kanada, Finlandia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1949, Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB, UNRWA, adalah badan PBB terbesar yang beroperasi di Gaza.

Ini memberikan layanan kesehatan, pendidikan dan bantuan kemanusiaan lainnya kepada warga Palestina di Gaza, Tepi Barat, Yordania, Lebanon dan Suriah. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 13.000 orang di Gaza. Sejak Israel memulai serangannya sebagai respons terhadap serangan Hamas, UNRWA telah menggunakan fasilitasnya di seluruh Gaza untuk melindungi ratusan ribu warga sipil yang kehilangan tempat tinggal.

Israel telah lama menuduh berbagai cabang PBB – termasuk UNRWA – bias dan bahkan antisemitisme. Rincian mengenai tuduhan Israel belum dijelaskan, namun laporan di media Israel menunjukkan bahwa kendaraan dan fasilitas UNRWA mungkin digunakan dalam serangan di mana kelompok bersenjata Hamas membunuh sekitar 1.300 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 240 orang lainnya. Seorang penasihat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Jumat (26/1/2024) mengatakan, kepada BBC bahwa serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober melibatkan orang-orang yang digaji [UNRWA].

Baca Juga: Terowongan Gaza Jadi Aspek Vital dalam Konflik Palestina-Israel

Regev juga merujuk pada seorang sandera Israel yang, setelah dibebaskan, mengatakan bahwa dia ditahan di rumah seseorang yang bekerja untuk UNRWA. Dalam pernyataannya pada hari Sabtu, Sekjen PBB mengatakan bahwa Israel telah melontarkan tuduhan terhadap 12 pegawai UNRWA sembilan telah dipecat, satu orang meninggal dan identitas dua sisanya sedang diklarifikasi.

Guterres mengatakan, dia memahami kekhawatiran pemerintah yang telah menghentikan pendanaan. “Saya sendiri merasa ngeri dengan tuduhan-tuduhan ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa “tuduhan tindakan menjijikkan yang dilakukan para anggota staf ini harus mempunyai konsekuensi”. “Namun hal ini tidak berarti bahwa ribuan orang yang bekerja untuk badan tersebut harus dihukum,” kata Sekjen PBB.

Pernyataan Guterres menyusul reaksi keras dari kepala UNRWA, Philippe Lazzarini, yang menyebut keputusan untuk menangguhkan dana tersebut mengejutkan mengingat sedikitnya jumlah staf yang menghadapi tuduhan Israel. Dia menjelaskan bahwa UNRWA membagikan daftar stafnya kepada Israel setiap tahun dan tidak pernah menerima kekhawatiran.

Baca Juga: Diblokade Israel, Gaza Akan Kelangkaan Bahan  Makanan

Beberapa negara mengatakan mereka akan melanjutkan dukungan mereka untuk UNRWA. Perwakilan Norwegia untuk Otoritas Palestina mengatakan organisasi tersebut memiliki peran penting dalam mendistribusikan bantuan, dan menekankan perlunya membedakan antara apa yang telah dilakukan individu dan apa yang diperjuangkan UNRWA. Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mendesak Lazzarini untuk mengundurkan diri dan mengatakan ia bermaksud menghentikan operasi UNRWA di Gaza setelah perang.

Serangan tanggal 7 Oktober memicu pembalasan besar-besaran Israel terhadap Hamas di Gaza, serangan udara dan penembakan yang telah menewaskan lebih dari 26.000 warga Palestina.  menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas di wilayah tersebut.

UNRWA mengatakan pihaknya sedang berjuang untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada sekitar 1,7 juta orang – hampir tiga perempat dari populasi – yang kehilangan tempat tinggal akibat pertempuran selama 12 minggu. Baru-baru ini, pertempuran berpusat di Khan Younis, tempat ribuan warga Palestina yang mengungsi dari utara berkumpul.

Baca Juga: Benyamin Netanyahu: Tuhan Lindungi Israel, Semua Musuh Hangus !

Banyak yang kini dikatakan bergerak lebih jauh ke selatan, menuju Rafah di perbatasan dengan Mesir. Sebagian besar wilayah utara Gaza telah menjadi reruntuhan ketika Israel melancarkan kampanyenya dengan tujuan untuk melenyapkan Hamas.

Israel mengatakan mereka menghancurkan jaringan terowongan – dengan perkiraan bahwa 20-40% terowongan telah dibuat tidak dapat digunakan sejauh ini, menurut para pejabat AS dan Israel yang dikutip oleh surat kabar AS Wall Street Journal. [BBC.COM/eh]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *