Hakim Negara Bagian Colorado Larang Trump Maju Calon Presiden AS

0

Donald Trump

Colorado, TVP –  Tujuh majelis pengadilan Daerah Colorado AS melarang mantan Presiden AS, Donald Trump untuk maju menjadi calon Presiden AS mendatang. Dalam putusannya, empat hakim menolak Trump maju dan tiga hakim dissention opinion alias membolehkan Trump maju.

Atas putusan tujuh hakim Colorado itu, Donald Trump mengajukan banduing ke Mahkamah Agung AS yang  membatalkan keputusan  majelis hakim Colorado itu. Di negara bagian lain, seperti Oregon, kasus seputar kelayakan calon kandidat Partai Republik saat ini masih menunggu keputusan.

Baca Juga: Donald Trump Berhadapan dengan Musuhnya di Pengadilan

Keputusan Mahkamah Agung AS mengenai kelayakan Trump akan mengikat secara nasional. Di Maine dan Colorado, Trump dicopot dari pemilu setelah adanya gugatan hukum yang menuduhnya menghasut kerusuhan Capitol AS pada 6 Januari 2021. Amandemen ke-14 Konstitusi AS melarang siapa pun yang terlibat dalam pemberontakan atau pemberontakan memegang jabatan federal.

Dalam sebuah pernyataan, tim kampanye Trump menuduh Mahkamah Agung Colorado dan Presiden Joe Biden, seorang Demokrat, melakukan semua yang mereka bisa untuk mencabut hak pilih semua pemilih Amerika dengan mencoba memecat Presiden Trump.

“Ini adalah tindakan campur tangan pemilu yang tidak sesuai dengan konstitusi Amerika dan tidak dapat diterima,” tambah juru bicara kampanye Steven Cheung. “Kami mendesak penolakan yang jelas dan ringkas terhadap keputusan Mahkamah Agung Colorado yang salah dan pelaksanaan pemilu yang bebas dan adil pada bulan November.”

Keputusan Mahkamah Agung Colorado sempit, dengan empat hakim mendukung dan tiga hakim menentang. Ketujuh hakim tersebut ditunjuk oleh gubernur Partai Demokrat. Permohonan banding Trump ke Mahkamah Agung sudah diperkirakan secara luas. Keputusan untuk mencoretnya dari pemungutan suara di Colorado dan Maine ditunda sampai gugatan hukumnya dapat diselesaikan.

Baca Juga: Dukung Rusia Serang Ukraina, Pemimpin Korea Utara Bertemu Putin

Berbicara kepada Fox News pada hari Rabu (3/1/2023), pengacara Trump, Alina Habba, mengatakan bahwa mantan presiden tersebut khawatir Mahkamah Agung yang berhaluan konservatif dapat memutuskan melawannya untuk menghindari sikap pro-Trump.

“Itu adalah kekhawatiran yang dia sampaikan kepada saya, dia menyuarakannya kepada semua orang secara publik, bukan secara pribadi,” katanya.

“Dan saya dapat memberitahu Anda bahwa kekhawatirannya benar.” Kasus Colorado menandai pertama kalinya dalam sejarah AS bahwa Amandemen ke-14 digunakan untuk mendiskualifikasi calon presiden dari pemungutan suara. Meskipun dugaan upaya Trump untuk menumbangkan hasil pemilu presiden tahun 2020 menjadi fokus persidangan di pengadilan federal dan pengadilan negara bagian di Georgia, Trump tidak didakwa menghasut pemberontakan dalam kedua kasus tersebut.

Berbicara kepada BBC setelah keputusan Colorado, para ahli hukum mengatakan kasus Colorado yang kontroversial secara politik menempatkan Mahkamah Agung dalam posisi yang genting dan sulit.

Baca Juga: Rakyat AS Ragu dengan Usia Joe Biden untuk Jadi Presiden Lagi

“Mahkamah Agung diminta untuk mendefinisikan batasan demokrasi,” kata Samuel Issacharoff, profesor hukum konstitusi di New York University. Salah satu aspek yang paling menantang, kata Prof Issacharoff, adalah bahwa mantan presiden tersebut mendapat dukungan yang luar biasa di satu sisi dan fitnah yang luar biasa di sisi lain.

Pada hari Selasa, David Janovksy, analis kebijakan senior pada Proyek Pengawasan Pemerintah, sebuah badan pengawas independen, mengatakan bahwa Mahkamah Agung yang menangani masalah ini adalah hasil terbaik untuk menyelesaikan masalah ini secara nasional.

“Fakta bahwa kita sekarang memiliki dua negara bagian di Colorado dan Maine yang telah mengambil keputusan ini dengan latar belakang negara-negara bagian lain yang menolak melakukan hal tersebut berarti bahwa jika ada kasus yang harus diselesaikan oleh Mahkamah Agung, maka inilah saatnya,” dia berkata. “Waktu adalah hal yang paling penting.” [BBC.Com/EH]

 

 

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *